47% Orangtua di AS Merasa Anaknya Kecanduan Ponsel Pintar

153

PERANGKAT mobile, seperti ponsel pintar dan tablet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tak cuma jadi konsumsi orang dewasa, anak-anak pun ikut kecanduan perangkat mobile.

Hal ini nyatanya menjadi ketakutan tersendiri bagi para orangtua di Amerika Serikat (AS). Menurut sebuah survei yang dilakukan terhadap 4.201 orangtua di AS yang dilakukan oleh Survey Monkey, 47% mengatakan bahwa mereka merasa anaknya kecanduan perangkat mobile.

Karena hanya ada dua opsi yang diberikan, 53%-nya mengatakan anaknya belum kecanduan perangkat ponsel pintar. Para orangtua ini menyatakan hampir tiga perempat dari anaknya punya akses untuk perangkat mobile tersambung seperti ponsel pintar dan tablet.

Sekitar 60% dari anak muda memiliki perangkat sendiri, sementara 14%-nya berbagi ponsel atau tablet dengan orang lain, dan 24% dari anak-anak tidak memiliki perangkat mobile tersambung yang digunakan, demikian dikutip BB dari berbagai sumber, Minggu (25/2/2018).

Yang menarik dari survei adalah 50% dari orangtua tidak khawatir dengan dampak perangkat terhadap kesehatan mental anaknya. Sedangkan 50% lainnya menyatakan kekhawatirannya.

Para orangtua ini mengakui bahwa merekalah satu-satunya yang bertanggung jawab membatasi penggunaan perangkat mobile pada anak dan menjaga mereka dari konten tak pantas yang disiarkan di situs atau aplikasi streaming video YouTube. (C-003/mag)***