Persiapan Arus Mudik, PT KAI Tambah Rangkaian Kereta

93

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan penumpang, PT Kereta Api Indonesia, menambah jadwal perjalanan argo Parahyangan, dengan menggunakan rangkaian kereta baru. Gerbong baru tersebut merupakan regenerasi dengan interior mewah, kursi dan meja lipat baru, serta memiliki musholla agar membuat penumpang lebih nyaman selama perjalanan  Jakarta-Bandung. Kereta baru tersebut murni buatan anak bangsa.

Pt kereta api kini terus berbenah dalam melayani penumpangnya. Jelang arus mudik lebaran tahun 2018 yang akan dimulai dalam dua bulan, PT Kereta Api Indonesia menambah rangkaian kereta baru, di stasiun kereta api Bandung.  Kereta api argo Parahyangan jurusan Jakarta–Bandung dan sebaliknya ini, terus melonjak peminatnya.

Sebelumnya, PT KAI melayani delapan belas perjalanan di hari biasa, dan dua puluh dua perjalanan di akhir pekan. Kini, jadwal perjalanan ditambah menjadi dua puluh empat di hari biasa, dan dua puluh delapan setiap akhir pekan.

Selain jadwal perjalanan, PT KAI pun menambah rangkaian kereta baru argo Parahyangan. Gerbong baru tersebut memiliki interior mewah dilengkapi kursi dan meja yang lebih elegan, dengan dua toilet duduk di setiap gerbong, restorasi dan musholl.

Serta fasilitas lainnya demi kenyamanan penumpang. Rencananya, semua kereta atau gerbong lama yang telah berusia tiga puluh tahun, akan diganti bertahap hingga 2019.

Kereta ini merupakan buatan dalam negeri yaitu p-t inka. PT KAI telah memesan tiga puluh delapan transet atau rangkaian yang terdiri dari delapan kereta. Sepuluh transet akan selesai jelang lebaran, dan sisanya di tahun 2019 dengan nilai keseluruhan mencapai dua trilyun rupiah.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.