Banjir Semakin Meluas

145

Banjir di kabupaten bandung sudah terjadi selama dua pekan. Jum’at pagi, banjir akibat luapan Citarum kembali merendam ribuan rumah di tiga kecamatan. Bahkan,ketinggian air mencapai dua meter. Selain merendam pemukiman warga, akses jalan penghubung pun terputus.

Setelah sempat surut beberapa hari lalu, luapan sungai Citarum kembali merendam ribuan rumah di kecamatan Baeleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang. Intensitas hujan yang tinggi di wilayah bandung, menyebabkan air kembali naik, kamis malam.

Aktivitas warga pun kembali terganggu. Untuk keluar masuk permukiman, mereka harus menggunakan perahu. Hal ini karena ketinggian air mencapai satu hingga dua meter. Selain itu, jalan Baeleendah-Dayeuhkolot yang menghubungkan kota dengan kabupaten bandung, kembali terputus.

Menurut seorang warga, surtini, banjir kali ini merupakan yang terparah dirasakannya. Selain genangan semakin tinggi, air datang dari aliran sungai Citarum ke permukiman dengan sangat cepat.

Banjir luapan sungai  Citarum yang merendam ribuan rumah di Dayeuhkolot, Baeleendah, dan Bojongsoang, sudah terjadi sejak akhir februari. Warga berharap, pemerintah segera menuntaskan permasalahan yang selalu terjadi setiap musim hujan tiba ini.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.