PANWASLU Cimahi Dirikan Pojok Pengawasan Partisipatif

109

Guna meningkatkan partisipatif dan pemahaman, terkait pengawasan pilkada kepada masyarakat, terutama dalam pengawasan pilkada Jawa Barat 2018, panwaslu Kota Cimahi, membuka sebuah layanan edukasi pemilu, dengan mendirikan pojok pengawasan partisipatif, yang berada di kantor panwaslu Kota Cimahi, jalan sangkuriang Kota Cimahi.

Pojok pengawasan partisipatif merupakan ruang yang dibangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memantau jalannya pemilihan umum, yang dibuka secara umum oleh panwaslu Kota Cimahi. Ruang tersebut pun berisikan informasi tentang pengawasan pemilu.

Sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan pun, mendatangi ruang pojok pengawasan partisipatif panwaslu Cimahi, salah satu warga Kota Cimahi Syam hari mengungkapkan, dengan adanya pojok pengawasan partisipatif ini.

Ia dan warga lainnya dapat mengetahui bentuk pelanggaran, dalam proses pilkada, yang terkadang sering terjadi, namun masyarkat tidak mengetahuinya.

Dengan adanya ruang terbuka bagi masyarakat ini, masyarkat dapat ikut serta menjadi pengawas, sehingga dapat mengetahui pemimpin mana yang layak untuk dipilih.

Sementara itu, ketua panwaslu Kota Cimahi, Yus Sutaryadi, mengungkapkan, pojok pengawasan partisipatif merupakan sebuah tempat untuk masyarakat, dalam menyampaikan informasi sekitar pemilu yang akan diterima langsung oleh panwaslu. dengan adanya pojok pengawasan partisipatif ini , masyarakat semakin mudah mengakses informasi tentang kerja pengawasan.

Dengan adanya ruang pojok pengawasan partisipatif ini ,diharapkan masyarakat Kota Cimahi dapat  turut serta di dalam memantau dan pengawasan pelaksanaan pemilu maupun pilkada.

Algi Muhammad Ghifari, Bandung TV .