Tips Teknologi Ramah Lingkungan

139

BELAKANGAN ini, isu lingkungan hidup menjadi perhatian utama dari negara-negara besar di dunia sejak beberapa dekade terakhir. Oleh sebab itu, produk
teknologi pun sudah mulai diperhitungkan dampak lingkungannya. Para produsen dan peneliti berlombalomba untuk membuat alat teknologi yang ramah lingkungan.

Lihat saja, semakin baru dan canggih teknologi, biasanya semakin ramah terhadap lingkungan. Banyak orang menikmatinya, sehingga tampak korelasi kemajuan teknologi dengan perilaku konsumtif masyarakat.

Beragam model terbaru produk ponsel, notebook, netbook pun membanjiri pasaran, akibatnya produk lama terbuang percuma karena dianggap kurang ramah lingkungan.

Padahal sebenarnya
Anda dapat memanfaatkan produk tersebut dengan tetap menjaga lingkungan, sekaligus menghemat keuangan. Caranya, simak tips berikut.

1. Stop men-charge baterai notebook secara berlebihan

Baterai peralatan teknologi ini sebaiknya dilepaskan ketika notebook sudah tidak digunakan, karena meskipun dalam keadaan off namun baterainya akan tetap menyedot daya listrik, sehingga dapat berakibat mengurangi usianya.

2. Pakai lagi computer lama

Produk teknologi baru memiliki sebuah sistem operasi yang membutuhkan spesifikasi computer yang juga semakin tinggi. Jika Anda memiliki computer lama yang speknya belum cukup kuat untuk sistem operasi, seperi Windows Vista atau Windows 7, sebaiknya cobalah untuk menggunakan sistem operasi yang lebih ringan, misalnya Linux. Dijamin uang Anda pun lebih hemat.

3. Bayar tagihan secara online

Kini Anda dapat membayar segala macam tagihan secara online, baik tagihan listrik, telepon, kartu kredit, dll. Semua dapat dibayar secara online tanpa harus ribet- ribet mendatangi tempatnya langsung, menunggu antrean hingga belasan menit, bahkan hampir 30 menit hingga satu jam.

4. Gunakan baterai isi ulang

Semua peralatan teknologi apakah mainan anakanak,
game controller, kamera digital dan barangbarang elektronik lainnya menggunakan baterai yang cukup boros.

Anda sebaiknya menggantinya dengan menggunakan baterai yang bias diisi ulang, karena dapat melestarikan lingkungan sekaligus menekan pengeluaran.
(C-003/BBS)***