KASAD Tegaskan, “TNI Harus Netral Dalam Pilkada”

124

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono, mengumpulkan para perwira tinggi dan menengah, termasuk panglima Kodam seluruh Indonesia, di Padalarang, kabupaten Bandung Barat. Dalam pertemuan tersebut, Kasad  menegaskan, agar TNI menjaga netralitas,  serta bersinergi dengan aparat kepolisian, mengamankan kondusifitas pilkada serentak.

Kepala Staf Angkatan Darat, Kasad Jenderal TNI Mulyono, mengumpulkan para perwira tinggi dan menengah di markas pusat pendidikan kavaleri, Pusdikav, Padalarang, Bandung Barat. Salah satu materi yang dibahas kepada 750 peserta prajurit TNI  ini adalah terkait pilkada serentak.

Kasad menegaskan kembali, agar TNI ikut bersinergi dengan aparat kepolisian, untuk mengamankan proses demokrasi pilkada serentak di Indonesia. Kasad juga menegaskan, agar TNI netral dalam pilkada.

Meski saat ini di beberapa daerah terdapat sejumlah calon yang berasal dari TNI non aktif atau purnawirawan, prajurit TNI aktif tetap dituntut netral. Dikumpulkannya para perwira tinggi dan menengah oleh Kasad ini, untuk mebangun komunikasi.

Pada kesempatan tersebut, kasad bersama sejumlah perwira tinggi lainnya, menyaksikan apel sekaligus latihan bersama antara kepolisian dan TNI, dalam simulasi pengamanan pilkada serentak. Sejumlah anggota TNI dilibatkan untuk menyokong anggota kepolisian dalam pengamanan, agar pilkada tetap kondusif.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.