5 Teknologi Anyar dalam Gelaran MWC 2018

112

BELUM genap sepekan usainya gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol. Para produsen ponsel sibuk memamerkan produk anyarnya.

Samsung dan Nokia menjadi salah satu yang mencuri perhatian sepanjang pameran. Dari ratusan jajaran produk yang dikenalkan, dilansir dari Which.co.uk, ada lima teknologi dari lima produk baru yang dikenalkan oleh industri mobil tahun ini.

  1. Vivo Apex dengan bezel tipis dan pemindai sidik jari dalam layar

Seperti yang diketahui, Vivo merupakan merek smartphone yang tak banyak beredar di Inggris. Namun, dengan teknologi barunya yakni pemindai sidik jari dalam layar, ponsel ini diproyeksi akan memiliki pasar baru.

Desain ponsel anyarnya ini pun telah mengusung konsep ponsel kekinian yakni bezel tipis dan desain minimalis.

Apex pada akhirnya adalah ponsel konsep, tapi ini adalah contoh menarik tentang bagaimana smartphone dalam waktu dekat bisa berkembang.

  1. Smartphone dengan masa pakai baterai hingga lima hari

Baterai menjadi salah satu permasalahan yang sering diributkan oleh pengguna. Ketergantungan konsumsi smatphone sering terhalang dengan permasalah baterai habis.

Walaupun adanya pengisi daya baterai portable seperti power bank, ketahanan baterai ponsel sendiri masih dicari dan dibutuhkan pengguna.

Pada MWC tahun ini, ada ponsel cerdas yang membawa baterai ponsel ke tingkat yang lebih tinggi. Produsen baterai Energizer memperkenalkan Power Energizer Max P16K Pro dengan baterai ponsel sebesar 16.000 mAh.

Ponsel ini diklaim bisa bertahan ‘sampai lima hari’ dengan sekali charge. Tentu saja, baterai chunky berada di bawah layar, dan hasilnya adalah smartphone yang terasa besar di tangan. Tapi jika daya tahan baterai penting bagi Anda, Anda mungkin ingin mengabaikan desain yang sedikit rumit.

Fitur lain dari Power Max P16K Pro termasuk layar Full HD 5,99 inci, Ram 6GB dan dukungan biaya cepat.

  1. Vuzix Blade AR Smart Glasses

Vuzix mengklaim Blade Smart Glasses-nya menawarkan hubungan bebas-tangan antara dunia digital dan dunia nyata . Pengguna tidak perlu mengeluarkan ponsel cerdas dari tas untuk memeriksa pemberitahuan.

Sebagai gantinya, mereka akan melayang ke tampilan ketika pengguna memakai kacamata. Penambahan kamera belakang membuat pengguna dengan cepat mengambil foto saat bepergian, meningkatkan peluang Anda untuk menangkap yang tak terduga.

Kacamata Smart Vuzix Blade hidup dalam bayang-bayang Google Glass, yang terbukti tidak populer. Agar sukses, rilis baru ini harus benar-benar bermanfaat dan tidak terlalu mengganggu.

  1. Huawei MateBook X Pro dengan kamera laptop tersembunyi

Huawei telah datang dengan cara yang cerdik untuk memastikan pemilik MateBook masih bisa melakukan panggilan video – dengan memasang lensa kamera pop-up.

Kamera tersebut berada di bagian atas keyboard, dan sebuah tombol sederhana pada tombol kamera akan melihatnya naik sedikit untuk mengungkapkan lensa sudut lebar.

  1. ‘kode keamanan sepatu’ kode Morse

Tambahan yang sedikit aneh dari pameran MWC adalah sepatu keselamatan, dirancang oleh Intellinium dan terintegrasi dengan teknologi Sierra Wireless. Sepatu itu termasuk kartu pintar Smart built-in, modul getaran dan alarm yang terdengar.

Mereka dipasang di tim pekerja industri, dengan gagasan bahwa mereka dapat memanfaatkan pesan peringatan dalam bentuk kode morse untuk memberi tahu orang lain tentang masalah keamanan di lokasi. (C-003/age)***