Potensi Pertanian Ungkit Perekonomian

103

 BISNIS BANDUNG – Sekretaris Bappppeda Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati menyebut, sasaran Musrenbang Kabupaten Sumedang 2018 adalah pelayanan dasar, industri pariwisata dan kegiatan yang mempunyai daya ungkit perekonomian. Salah satunya sektor pertanian.

Tuti beralasan, pihaknya membidik sektor pertanian mengingat Sumedang merupakan kawasan agrobisnis yang mempunyai potensi daya ungkit ekonomi  cukup menonjol.

Selain itu, kata Tuti, berdasarkan data makro yang dimilikinya, mata pencaharian sebagian besar warga Sumedang adalah petani.

“Kami bidik untuk yang mempunyai daya ungkit ekonomi di sektor pertanian. Agrobisnis itu bisa pariwisata dan jasa. Tiap tahun selalu menjadi prioriras,” ujarnya kepada wartawan usai acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2018 di Gedung Negara, Selasa (13/2/2018).

Pada sektor pertanian sendiri, kata Tuti, terdapat banyak bidang. Di antaranya, industri pengolahan pertanian dan alat-alat pertanian modern yang dapat meningkatkan hasil panen. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Menjawab pertanyaan bagaimana persiapan infrastruktur untuk mendukung terwujudnya sasaran tersebut, diakui Tuti, hal tersebut merupakan kewajiban pemerintah pusat dan pemerintah daerah atau kabupaten hanya sebagai pelaksana sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau infrastruktur sebenarnya kewajiban pusat. Sesuai dengan UU APBN, daerah wajib menyediakan 25% dari dana perimbangan dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK). (E010) ***