Buruh Desak PN Bandung Batalkan Gugatan Perusahaan

130

Puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia atau kasbi kota Bandung, berunjuk rasa di pengadilan negeri Bandung, Kamis siang. Aksi tersebut dipicu pelaporan yang dilakukan salah satu perusahaan di kota Bandung, terhadap 54 karyawannya, atas dugaan perbuatan melawan hukum.

Pelaporan ke pengadilan Negeri Bandung oleh salah satu perusahaan terhadap 54 karyawan yang diduga telah berbuat melawan hukum, menyulut emosi kaum buruh di kota Bandung.

Kamis siang, setidaknya lima puluh buruh yang tergabung dalam kongres aliansi serikat buruh Indonesia, atau kasbi kota Bandung, mendatangi kantor Pengadilan Negeri Bandung, untuk berunjuk rasa, mendukung rekan seprofesi mereka yang dilaporkan pihak perusahaan.

Kaum buruh mengecam perusahaan telah melecehkan kaum buruh. Pihak perusahaan menuntut ganti rugi tiga belas milyar lebih kepada 54 karyawan yang dilaporkan.

Buruh pun mendesak, pengadilan negeri bandung bersikap adil dalam menyikapi permasalahan ini, dan menolak semua bentuk laporan maupun gugatan pihak perusahaan.

Permasalahan ini berawal dari protes 54 karyawan terhadap perusahaan mereka, ketika pembagian thr dan tabungan pada tahun 2017 dianggap tidak transparan.

Alih-alih mendapat tanggapan, ke-54 karyawan tersebut justru dilaporkan pihak perusahaan ke Pengadilan Negeri Bandung, yang menuntut ganti rugi tiga belas milyar rupiah lebih.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.