Ratusan Warga Miskin Demo Kantor Dinas Sosial

118

Ratusan warga miskin di kabupaten Cianjur, berunjuk rasa ke kantor dinas sosial Cianjur, jumat pagi.

Mereka menuntut dimasukkan ke dalam daftar penerima program keluarga harapan dan rastra, karena menurut mereka banyak orang mampu yang selalu menerima program pemerintah tersebut.

Ratusan warga miskin berunjuk rasa di depan kantor dinas sosial kabupaten Cianjur, jumat pagi. Aksi ini sebagai bentuk kekcewaan warga miskin, yang tidak mendapatkan dana bantuan tunai dan nontunai, dari program pkh dan rastra.

Mereka menuntut basis data terpadu dirombak ulang, garis kemiskinan satu dolar diubah menjadi 2 dolar sehari, serta anggaran bansos pkh dan rastra diperbesar.

Koordinator aksi menilai, dinsos sudah gagal dalam melaksanakan program pkh dan rastra, karena klasifikasi keluarga miskin sebagai penerima manfaat dianggap tidak tepat sasaran, dan diduga terindikasi politisasi.

Sementara itu, menurut kepala dinas sosial kabupaten Cianjur, warga miskin yang tidak mendapatkan program pkh dan rastra akan dibantu secara prosedur dan ketentuan yang ada, agar terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat.

Selain itu, pihaknya juga akan memberi sanksi terhadap petugas di lapangan, yang bermain dan melakukan pungutan liar terhadap penerima program pkh dan rastra.

Heri Setiawan, Bandung TV.