Miras Oplosan Berujung Maut

140

PESTA minuman keras (miras) oplosan  berujung maut kerap terjadi.  Dan yang menyedihkan tak pernah menjadi pelajaran  bagi pemerintah dan masyarakat.

Mengapa  negara atau pemerintah diminta memberikan perhatian serius atas peredaran minuman oplosan? Sebab  sudah menjadi rahasia umum kerap terjadi “main mata” antara oknum petugas dan pedagang miras ilegal.

Di sini  perlu kesungguhan tidak boleh main-main dalam memberantas  miras oplosan.

Begitu pula masyarakat  tidak boleh kendor memberi  pengawasan  atas para pedagang miras. Mereka dituntut pro-aktif,  tidak segan-segan melaporkan kepada pihak berwajib.

Dan senantiasa  mengawalnya hingga  penjualan miras ilegal itu berhenti yang biasa  penjualannya  dilakukan  bersamaan komoditas lainnya.  Artinya  tidak hanya menjual miras oplosan.

Pekan lalu dilaporkan  puluhan  remaja  di Cicalengka Kabupaten Bandung tewas usai pesta miras oplosan. Mereka  tewas beberapa hari setelah menenggak miras oplosan tersebut.

Bahkan selain di Cicalengka, peristiwa serupa juga terjadi di Sukabumi yang menelan korban lima pemuda tewas.

Masih  seringnya  pesta miras oplosan yang menewaskan itu sangat memprihatinkan. Ini bukti berbahaya bila miras dikonsumsi secara berlebihan apalagi dicampur dengan zat lainnya.

Peristiwa ini terjadi hampir merata di semua daerah, namun ada yang terungkap ke publik, ada pula yang tidak diketahui karena jumlah korbannya hanya satu atau dua orang saja.

Oleh sebab itu  semua pihak untuk terlibat dalam mencegah sedari dini.  Termasuk peran orang tua  mesti senantiasa melakukan pengawasan pada anak-anaknya terutama anak remaja.

Ketahanan keluarga di sini sangat lah penting  yaitu  para orang tua menaruh perhatian yang lebih intens pada anak-anaknya. Kerap pesta miras oplosan  itu karena ajakan teman.

Masyarakat juga memiliki peran penting dalam menjaga akhlak para pemuda. Kontrol sosial dari masyarakat di lingkungannya  begitu  penting dilakukan. Artinya jangan membiarkan tindakan yang melenceng , sehingga berakibat fatal  yang merugikan mereka sendiri.

Sadarilah  miras oplosan  itu sangat berbahaya karena risiko interaksi zat kimiawi.  Dampak  bercampurnya zat kimia  membuat kandungan alkohol yang ada di miras oplosan sangat  berbahaya untuk tubuh manusia.

Hal lain miras oplosan yang  mudah terjangkau karena  harganya relatif  murah. Dengan harga 10 hingga 20 ribu rupiah, miras oplosan  bisa dengan mudah dibeli di kios-kios pinggir jalan.

Entang Suherman, Cibaduyt  Bandung