Weibo Bersih-bersih Konten LGBT

93

SINA Weibo akan menghapus konten berupa gambar, kartun, hingga teks bernada LGBT dan kekerasan.

Dikutip dari Reuters, Sina Weibo mengumumkan hal tersebut di tengah-tengah penghentian penargetan konten di seluruh media sosial. Pasalnya, para pemimpin China ingin memperketat cengkeraman mereka pada budaya yang beragam dan populer di kalangan muda.

Pengumuman tersebut menarik lebih dari 24 ribu komentar dan diteruskan hingga lebih dari 110 ribu kali. Pengumuman ini pun mendorong pengguna memprotes keputusan tersebut dengan menggunakan tagar #iamgay.

Beberapa posting dengan cepat diblokir oleh platform Sina Weibo, dengan pesan yang ditampilkan tergolong sebagai “konten ilegal”.

Minggu ini, berita dan portal konten online Toutiao,dipaksa untuk menarik aplikasi berbagi lelucon setelah pengawas mengecam “konten vulgar dan tidak pantas”.

Film bertema percintaan pasangan LGBT yang memenangkan penghargaan yakni ‘Call Me By Your Name’ pun dikeluarkan dari festival film China bulan lalu.

Homoseksualitas tidak ilegal di China, tetapi aktivis mengatakan sikap konservatif dari beberapa bagian masyarakat telah mendorong pengepungan pemerintah sesekali.

Weibo sejauh ini telah menghapus 56.243 konten, menutup 108 akun pengguna dan menghapus 62 topik yang dianggap melanggar standar, tambahnya. (C-003/age)***