Bawaslu Pastikan Demiz Langgar UU Pemilu

97

Bawaslu Jabar menegaskan, atas laporan dugaan tindak pindana dan pelanggaran administratif pemilu oleh calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, rapat pleno memutuskan, hanya administratif yang terbukti. Kini, kasusnya telah dilimpahkan ke KPU Jawa Barat untuk ditindaklajuti.

Calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, dilaporkan terkait dugaan tindak pidana dan pelanggaran administratif pemilu. Menyikapinya, ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto menyatakan.

Dari hasil rapat pleno yang dilakukan pihaknya, pihaknya memutuskan hanya pelanggaran administratif yang terbukti. Kasus tersebut pun telah diserahkan ke KPU Jawa Barat, untuk ditindaklanjuti.

Harminus juga mengatakan, KPU Jawa Barat akan menindaklanjuti kasus pelanggaran administrasi pemilu, hingga menentukan sanksi sesuai undang-undang nomor sepuluh, mulai dari diskualifikasi hingga penghentian kampanye dan lainnya.

Sebelumnya, calon gubernur Jawa Barat nomor urut empat, dipanggil Bawaslu Jabar terkait laporan dugaan pelanggaran administratif yang dilakukan dalam masa kampanye, saat meresmikan sebuah masjid di kabupaten Bandung.

Saat itu, kapasitas Deddy Mizwar bukan sebagai wakil gubernur Jawa Barat, melainkan kontestan Pilgub Jabar 2018, sehingga dinilai menyalahi aturan undang-undang Pemilu.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.