7 Ribu Warga Bandung Terancam Golput

101

Lantaran belum memiliki KTP elektronik, setidaknya tujuh ribu lebih warga kota Bandung terancam tidak bisa mencoblos, pada pilkada serentak 2018.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Bandung menargetkan, mei 2018, seluruh warga kota telah merekam KTP.

Berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian atau coklit oleh Komisi Pemilihan Umum, terdapat tujuh ribu lebih warga kota bandung yang belum memiliki KTP elektronik, sehingga terancam tidak bisa mencoblos pada pilkada serentak 2018.

Semakin dekatnya waktu pencoblosan, membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Bandung harus bekerja keras untuk mengatasi permasalah ini.

Disdukcapil pun akan bekerjasama dengan seluruh wilayah kecamatan di kota Bandung, untuk mempercepat proses rekaman KTP. Ditargetkan, mei mendatang, seluruh warga kota Bandung yang telah memiliki hak pilih, bisa merekam KTP, sehingga bisa berpartisipasi dalam pilkada 2018.

Masih kurangnya sarana dan prasarana alat perekam KTP menjadi salah satu alasan tidak maksimalnya pelayanan pembuatan KTP elektronik. Tapi, kini permasalahan tersebut telah normal. Ditargetkan, mei mendatang, masalah ini telah teratasi.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.