Curug Parigi Bekasi Terbentuk pada Bekas Area Galian

162

Mengunjungi air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut Curug selalu menimbulkan sensasi berbeda.Fenomena alam berupa air yang jatuh dari atas ketinggian melalui sela- sela tebing kemudian jatuh di cerukan selalu membuat siapapun takjub.

Jawa Barat dikarunia banyak sekali curug , bahkan di beberapa wilayah kabupaten terdapat curug yang unik.

Di Bekasi, misalnya di kawasan Kecamatan Bantar Gebang,bila anda mengenal kawasan ini sebagai tempat pembuangan akhir sampah, namun siapa sangka di kawasan tersebut terdapat sebuah curug dengan fenomena alam cukup unik.

Masyarakat setempat menamakan Curug Parigi. Bagi yang ingin berkunjung ke Curug Parigi, Anda bisa menggunakan kendaraan umum  bus jurusan Bekasi – Bogor , turun di Pangkalan 5.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, masuk ke Jalan Raya Narogong dan berhenti di Desa Cikiwul. Sejauh ini pengunjung belum dikenakan biaya tiket masuk, hanya membayar parkir saja Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Curug ini terbentuk karena ulah manusia. Dulunya, area tersebut adalah area bekas tambang pasir atau galian pasir. Bekas galian itulah yang akhirnya membentuk sebuah perbedaan ketinggian, hingga lahirlah air terjun tersebut.

Ketinggian curug  sekitar 2 meter, sedangkan lebarnya mencapai 20 meter.Debit airnya sendiri tergantung musim, jika sedang musim hujan dalam skala sedang, curug ini menjadi tempat yang bagus untuk berfoto.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan bila ingin berkunjung ke  kawasan ini,usahakan datang saat musim kemarau karena bila musim penghujan debit airnya cukup besar, fenomena Niagara mini di tempat ini tidak akan kelihatan.

Bagi pelancong yang tidak membawa kendaraan pribadi harus sering menanyakan lokasi kepada warga sekitar karena lokasi curug cukup tersembunyi.

Ada baiknya datang pada pagi atau sore hari karena saat siang cuaca cukup panas,selain itu usahakan membawa bekal makanan apabila berkunjung di hari kerja,karena penjual makanan hanya menjajakan dagangannya hanya setiap akhir pekan.

Selalu berhati- hati ketika bermain main air karena debit air bisa berubah secara tiba- tiba selain itu ketinggian cerukannya berbeda beda. Curug Parigi Bekasi sebenarnya sudah ada sejak lama.

Kepopulerannya terjadi karena beberapa foto di instagram yang menampilkan keindahan air terjun mini ini, sehingga banyak kalangan dan wisatawan yang penasaran dan datang ke sana.

Sebelum populer, ternyata lokasi ini sering didatangi oleh komunitas-komunitas pegiat alam bebas, seperti komunitas gowes, fotografi, dan komunitas lainnya.

Letaknya yang berada di antara pepohonan diiringi gemercik suara air dari arus sungai akan membuat anda mungkin tak percaya jika anda sedang berada di Bekasi. (E-001) ***