Bebersih Citarum, 3 Ton Sampah Diangkut

102

Ratusan warga, relawan, dan anggota tni membersihkan tumpukan sampah di daerah aliran sungai citarum, di batujajar, kabupaten bandung barat, jumat siang. Dari bebersih tersebut, didapati tiga ton sampah.

Selain program presiden joko widodo tentang citarum harum, hal tersebut juga untuk mencegah kerusakan alat turbin indonesia power, pembangkit listrik di waduk saguling, karena dapat menggangu aliran listrik jawa bali.

Inilah pantauan udara tumpukan sampah di daerah aliran sungai citarum, batujajar, kabupaten bandung barat, jumat siang. Sampah yang berserakan di sungai citarum dibersihkan ratusan warga, relawan, dan anggota tni kodam 3 siliwangi.

Dengan mengunakan perahu, warga dan relawan membersihkan sampah dengan menyusuri aliran sungai citarum.

Berbagai jenis sampah seperti plastik, botol, sterofoam, dan eceng gondok, diangkut petugas dari tengah sungai. Alhasil, 3 ton sampah dibersihkan jumat ini, di aliran citarum batujajar.

Selain untuk mendukung program citarum harum yang dicanangkan presiden indonesia joko widodo, bebersih sungai ini juga untuk mencegah kerusakan alat turbin indonesia power, pembangkit listrik waduk saguling, karena dapat menggangu aliran listrik jawa bali.

Aster kasdam tiga siliwangi menerjunkan 3 ratus personel untuk membersihkan sektor 9 waduk saguling selama tiga hari. Pihaknya menargetkan, semaksimal mungkin sampah di sektor 9 bisa diangkat.

Selain sampah, adri mengaku, dalam investigasinya masih banyak pabrik yang kedapatan membuang limbah berbahaya langsung ke sungai citarum.

Diharapkan, bebersih sungai citarum ini dapat menyadarkan masyarakat, agar membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, diharapkan juga pabrik pabrik membuat ipal, sehingga limbah tidak kembali dibuang ke citarum, karena berdampak pada kerusakan ekosistem lingkungan,

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.