PARAT 4, Menembus Trek Khas Pangalengan

171

Kegiatan petualangan alam dengan sepeda motor, kian hari kian marak saja. Penggiat dan pengemarnya terus bertambah. Hampir disetiap akhir pekan, kegiatan tersebut mengisi kalender Ikatan Motor Indonesia Jawa Barat. 

Jenis olahraga dirt bike yang kini sedang digandrungi oleh kalangan otomotif, tak pernah sepi untuk berkegiatan. Para komunitas trail adventure, kerap beriringan bersama menuju kawasan pegunungan yang menjadi tempat favorit mereka untuk melampiaskan kesenangan melahap trek offroad.

Untuk yang keempat kalinya, Pangalengan Adventure Trail atau Parat,  menggelar kegiatan adventure, sebagai langkah menjalin silaturahmi dan mewadahi tingginya hasrat para penggiat offroad roda dua di tanah air.

Komunitas trail adventure asal pangalengan tersebut, mencoba mengajak seluruh lapisan penggemar adventure, untuk berpetualang bersama.

Menggali dan memperbanyak pengalaman melalui gaya serta cara petualangan yang aman dan benar. Acara yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya tersebut diberi nama “Parat 4” berlangsung, Sabtu (21/4).

“Kegiatan Pangalengan Adventure trail kali ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Tujuannya, untuk mempererat silaturahmi antar sesama pehobi motor trail baik di Jawa Barat maupun di Indonesia. Alhamdulilah event kali ini bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan semua pihak,” kata Ketua Parat H. Sobur kepada Bisnis Bandung, Sabtu (21/4/2018).

Menurut H. Sobur, ada perbedaan dari tahun sebelumnya, baik dari sisi kualitas maupun jumlah peserta yang hadir. Jalur yang harus dilalui oleh para peserta ini sepanjang kurang lebih 70 kilo meter dengan variasi trek yang sangat memadai dengan dua pilihan jalur berkarakter fun dan juga hard enduro.

“Pastinya dalam event kali ini kami ingin memberikan yang terbaik kepada para peserta, dan juga memberikan tontonan menarik kepada warga sekitar. Selain itu, dalam momen silaturahmi ini, kami sekaligus membantu program aparat kepolisian dalam mendukung dan menjadi duta anti hoax, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menolak segala bentuk berita hoax,”ujar Asep K, salah satu pendiri komunitas PARAT.

Event one day trip fun offroad jilid keempat ini, diawali dari lapangan Malabar Pangalengan. Agar tidak terjadi penumpukan di sekitar trek dan memberikan kenyamanan dalam perjalanan, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok start.

Sebanyak 1534 offroader yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut, menjalani trek disekitar pegunungan yang ada di Pangalengan Kabupaten Bandung sepanjang 70 kilometer.

Untuk kali ini, trek dikemas lebih variatif untuk mengakomodir para offroader yang mahir , termasuk pemula. Pihak penyelenggara dari PARAT membagi 2 penjelajahannya menjadi 2 kategori yaitu Hard Enduro dan kategori Fun.

Untuk event ini, berbagai handicap harus dilewati dengan keberanian tinggi, fisik yang menunjang dan tentunya kondisi kendaraan yang prima. Banyak offroader yang terjatuh, serta harus rela berjibaku dengan trek licin yang dipenuhi dengan lumpur.

Trek berupa tanjakan sepertinya  sedang menjadi tren. Hampir disetiap gelaran trail adventure, suguhan trek berupa tanjakan menjadi menu yang disajikan oleh pihak penyelenggara.

Begitu pun halnya dengan penyelenggaraan PARAT jilid yang keempat.  Ada 3 tanjakan yang disediakan oleh pihak penyelenggara untuk memacu adrenalin setiap offroader.

Salah satunya adalah Tanjakan icih dan Trisula. Dimana jika para offroader yang mampu melewati tanjakan tersebut, pihak penyelenggara telah mempersiapkan hadiah yang menarik. Walaupun banyak yang terjatuh, rasa penasaran kerap dirasakan oleh dirt bikers untuk mencobanya kembali.

Kepuasan para offroader ketika mengikuti event ini, sepertinya begitu lengkap. Selain disuguhi karakter trek bervariasi, yang penuh dengan tantangan serta nyali yang kuat untuk melewatinya, para dirty bikes bisa menikmati pemandangan eloknya kawasan Pangalengan yang menyejukkan mata.

Setiap peserta mempunyai peran dan berkepentingan untuk ikut event ini. Selain rutenya menantang, nilai silaturahmi dan kekerabatan antar peserta memberikan kesan yang menyenangkan ditengah membludaknya jumlah peserta. Secara historikal, Pangalengan Adventure Trail atau PARAT mempunyai nilai kekerabatan dan hubungan yang baik dengan komunitas trail yang lainnya. Maka tak heran jika setiap penyelenggaraan event PARAT kerap dibanjiri oleh jumlah peserta yang membludak.

Peserta dan penonton juga tak kurang rasa senangnya. Ditempat finish, doorprize menarik merupakan momen yang sangat ditunggu para peserta. One Day Trip Adventure PARAT Jilid 4 ini berjalan dengan  sukses dan lancar.

Ulin bareng ini cukup meriah dengan diisi oleh beberapa rangkaian kegiatan hiburan yang memanjakan masyarakat dan para penghobi adventure yang berbaur sambil berjoged bersama. (E-002)***