Pesona Pantai Putih Ciheras Tasik Selatan

182

Beberapa kali melakukan perjalanan ke wilayah selatan Jawa Barat selalu  mencuatkan sensasi berbeda.Panoramanya yang  masih alami dengan visual lansekap yang cantik membuat kita tidak pernah bosan untuk mengunjunginya

.Wilayah selatan Jawa Barat terbentang dari Kabupaten Sukabumi hingga Kabupaten Pangandaran.Untuk saat ini jalur penghubung sepanjang wilayah ini telah terhubung dengan aksebilitas cukup baik.Aksebilitas mulai meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Salah satu sektor yang menggeliat dengan adanya jalur penghubung ini ialah sektor pariwisata.Sudah bukan rahasia lagi kawasan selatan Jawa Barat memiliki potensi besar dalam sektor wisata,terutama wisata alam.

Wilayah selatan Jawa Barat memiliki topografi dataran rendah,pegunungan hingga kawasan pantai.Salah satu pantai dengan potensi wisata yang telah berkembang ialah pantai Pangandaran di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kawasan pantai lainnya tinggal menunggu waktu saja untuk berkembang,beberapa pantai dikawasan selatan Tasik sudah menggeliat.

Di antaranya ,Pantai Cipatujah,pantai Sindangkerta serta pantai Pamayangsari yang rutin di kunjungi para pelancong.Dalam perjalanan kali ini kami melakukan perjalanan menuju ke pantai Ciheras di wilayah Kecamatan Cipatujah.

Akses menuju pantai Ciheras cukup mudah,dari pusat Kota Tasikmalaya, terdapat kendaraan umum jurusan Tasik-Ciheras dan Tasik-Pameungpeuk untuk mencapai wilayah pantai ini.

Kondisi jalan utama dari Tasikmalaya ke Ciheras tergolong baik. Jarak yang ditempuh dari Kota Tasikmalaya ke Desa Ciheras kurang lebih 85 km dengan waktu perjalanan  sekitar 2,5 jam  menggunakan kendaraan roda empat.

Pantai Ciheras relatif masih sepi, karakteristik pantai ini berpasir putih dengan deburan ombak cukup besar,karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai dengan keunikan Pasir putih ini  menjadi daya tarik pengunjung.

Selain itu, banyaknya pohon di tepian pantai, juga menambah keindahan pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan luar Tasikmalaya ini.

Para pelancong pada umumnya mengetahui keberadaan pantai ini dari mulut kemulut,suasana sepi serta panorama alami tidak pelak menjadi daya tarik utama dari pantai ini.

Untuk sarana penunjang wisata masih belum tersedia lengkap,sarana penginapan hanya ada di kawasan pantai Cipatujah.Sedangkan sarana penunjang wisata yang tersedia di pantai ini hanya penjual makanan dan minuman saja.

Belum lengkapnya sarana penunjang wisata menyebabkan para pelancong jarang  menginap di tempat ini.Biasanya mereka bergegas pulang setelah melakukan eksplorasi di kawasan ini.

Aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para pelancong ialah menikmati panorama alam,mengabadikannya lewat lensa kamera serta bermain dihamparan pasir . (E-001) ***