Agrowisata Wisata Nikmatnya “Nyeruput” Kopi Luwak Khas Gunung Porang

116
hot coffee

Wilayah Kabupaten Pangandaran terletak pada lahan dengan  morfologi datar, bergelombang, sampai pegunungan. Karenanya Pangandaran tidak hanya dikenal dengan pantainya saja.

Sama hal nya dengan kabupaten lain , daerah Pangandaran juga memiliki pegunungan yang mempesona dan mempunyai tanah yang subur. Pegunungan yang di kenal dengan nama Gunung Porang  menyuguhkan panorama yang benar- benar memukau dengan pemandangan hutan dan lautan lepas  .

Lokasinya berada di wilayah Desa Langkap Lancar, Kecamatan Langkap Lancar Pangandaran.

Di Gunung Porang  tumbuh subur tanaman kopi, khususnya kopi luwak. Buah kopi yang dimakan luwak.  Lantaran sistem pencernaan luwak itu sederhana, sehingga biji kopi tetap utuh saat keluar bersamaan dengan feses.

Sistem pencernaan luwak cuma memproses kulit dan daging buahi kopinya saja. Enzim pada sistem pencernaan luwak dapat mengurangi kandungan asam pada biji kopi.

Tak hanya pemandangannya yang memukau namun terdapat satu ciri khas yang dihasilkan dari Gunung Porang , yakni kopi luwak .

Kopi luak yang dari Gunung Porang ini memiliki ciri khas yaitu dari cara penyajian serta proses pembuatannya. Kopi ini tercipta oleh para petani yang tinggal di bukit sekitar Gunung Porang .

Tempat tinggal yang sederhana,  para petani lebih memilih berada di daerah perbukitan tersebut tanpa ada penerangan yang berasal dari listrik karena letaknya yang cukup jauh .

Dengan sentuhan tangan para petani yang memahami berkebun kopi menjadikan kawasan ini terlihat  menjadi sebuah pemandangan  menarik di Gunung Porang.

Kopi luwak khas Gunung Porang  di petik langsung oleh  petani . Biji kopi  proses pengeringannya dilakukan dengan cara di jemur menggunakan sinar matahari , setelah cukup kering kemudian di tumbuk menggunakan alat tumbuk yang masih tradisional , yakni kayu yang di rancang khusus untuk menumbuk kopi tanpa alat bantu  lain menjadikan kopi luwak khas Gunung Porang memiliki rasa dan wangi yang khas.

Disajikan langsung dengan makanan khas daerah seperti ranginang dan kicimpring menambah lengkapnya citarasa kopi yang dinikmati di tengah semilir udara sejuk dan pemandangan Kabupaten Pangandaran dilihat dari atas ketinggian .

Untuk para pecinta kopi yang tengah berlibur di wilayah Kabupaten Pangandaran, silakan datang ke Gunung Porang untuk menikmati secangkir kopi luwak yang beraroma dengan citarasa mantap sembari melihat pemandangan alam .

Aktifitas lain yang dapat di lakukan di Gunung Porang :

  • Menikmati indahnya hutan hijau dan kebun kopi
  • Hiking ke Puncak Gunung
  • Camping
  • Menikmati panorama lautan Pangandaran dari ketinggian
  • Trail Adventure
  • Memetik Buah dan Sayur
  • Mencicipi nikmatnya kopi luak dengan citarasa khas . (E-001) ***