Pantai PasanggrahanTasik selatan Menawarkan Keindahan Pasca Diterjang Tsunami

109

Berjarak sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah memiliki garis pantai yang indah . Seperti pantai selatan pada umumnya, hamparan pantai sepanjang 115 hektare di Cipatujah memiliki gelombang  cukup besar.

Salah satu destinasi menarik yang wajib kita kunjungi bila melancong ke Tasik selatan ialah Pantai Pasanggrahan.

Pantai yang terletak di wilayah Cipatujah ini menawarkan keindahan dengan hamparan pasir pantai yang luas setelah sebelumnya porak poranda dilanda Tsunami tahun 2006 , Pantai Pasanggrahan, kini  mulai bersolek.

Keindahan Pantai Pasanggrahan terlihat dari perpaduan hamparan pantai yang landai, gelombang laut yang besar, perkebunan kelapa yang subur serta hamparan rumput yang luas.

Banyak aktivitas pantai yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke daerah ini, seperti berenang, voli pantai, berjemur dan memancing di muara sungai Cipatujah.

Potensi wisata cukup besar ini belum sepenuhnya digarap,masih dibutuhkan tangan- tangan terampil agar kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong dari luar daerah.

Untuk sarana pendukung wisata,bisa didapatkan dengan mudah,kita bisa menjumpai para penjual makanan serta minuman disepanjang pantai,bahkan para penjual souvenir  pun  cukup banyak.Sarana penginapan tersedia, meski masih  penginapan sederhana,namun nyaman sebagai tempat istirahat.

Topografi kawasan ini memiliki laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, menyebabkan kawasan ini kaya akan hasil laut. Hasil ikan tangkapan para nelayan sebagian besar dijual keluar daerah , selebihnya memenuhi pasar lokal.

Seiring dengan kian berkembangnya kawasan selatan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi wisata,sajian wisata kuliner terutama makanan laut adalah salah satu daya tarik utama.

Berburu kuliner hidangan laut merupakan favorit para pelancong ke kawasan Tasik selatan.Terlebih hidangan laut di kawasan ini disajikan dari bahan bahan yang masih segar,tangkapan para nelayan setempat.

Para pelancong setiap akhir pekan serta masa liburan sekolah selalu ramai.Sudah membaiknya aksebilitas menuju kawasan selatan Jawa Barat tidak pelak membuat angka kunjungan pelancong mengalami peningkatan.

Kedepannya untuk menarik investor di bidang pariwisata, peran pemerintah sangat besar,harus ada kebijakan yang mendorong kemudahan berinvestasi, sehingga para investor  tergerak untuk menanamkan modal di wilayah selatan

.Banyak  manfaat yang bisa di ambil untuk memajukan sektor pariwisata,termasuk pemberdayaan masyarakat sekitar,sehingga urbanisasi ke perkotaan dapat di tekan,dengan adanya kemudahan mencari sumber penghidupan di kampung halamannya.  (E-001) ***