Perbedaan Tangki Bensin Berbahan Besi dan Plastik

215

Pasti banyak yang menyangka kalau tangki bensin mobil itu semuanya sama . Namun sebenarnya, tangki bensin mobil terbagi atas dua jenis, yakni yang berbahan besi dan plastik.

Lantaran memiliki bahan yang berbeda, sudah barang tentu ada perbedaan teknis di antara keduanya? Apa saja perbedaannya?

Untuk tangki bensin berbahan besi, ia tergolong rentan terhadap kapasitas bahan bakar jika kerap dibiarkan berisi seperempat atau kurang. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, itu bisa menyebabkan karat.

Karat ini timbul karena adanya uap air di tangki akibat jumlah bahan bakar yang terlalu sedikit, serta menyisakan ruang kosong yang terlampau besar.

Sementara tangki bensin berbahan plastik memang minim potensi untuk mengalami karat. Tapi, uap air yang terkumpul dalam tangki bisa saja mengikat kotoran yang tak hanya berasal dari tangki, tapi juga bisa dari tangki timbun di SPBU yang kondisinya belum tentu bersih sempurna.

Kalau sudah begitu, saringan bahan bakar jadi komponen pertama yang terkena dampak, sebab ketika mesin dihidupkan dan pompa bahan bakar bekerja, maka kotoran akan tersangkut di saringan ini.

Jika saringan bahan bakar sudah terlalu kotor, maka kinerja saringannya jadi terganggu, Kalau sudah begitu, sebaiknya ganti saringan bahan bakarnya karena terkadang dengan membersihkannya saja tidak cukup.

Kelebihan-kekurangan tangki besi dan plastik

Apa kelebihan dan kekurangannya tangki bahan bakar berbahan besi dan plastik?

“Tangki bahan bakar yang terbuat dari besiĀ  lebih kuat,” ucap Yosep Kuma, Technical Training Manager, PT Eurokars Artha Utama Porsche Indonesia, Jakarta Selatan.

Penggunaan material pelat besi membuat tangki bahan bakar lebih rigid dan kokoh.

“Khususnya bila tangki bahan bakar terkena benturan atau mobil mengalami kecelakaan,” lanjut Yosep.

Kelemahan tangki bahan bakar besi adalah karat atau korosi. Salah satu sumber korosi di tangki bahan bakar adalah endapan air yang ada di dasar tangki.

“Kelemahan lain adalah tangki bahan bakar besi bobotnya lebih berat dipanding plastik dan tangki bahan bakar besi tidak memiliki fungsi ekspansi,” lanjut Yosep.

Apa yang dimaksud fitur ekspansi di tangki bahan bakar plastik?

“Fitur ekspansi di tangki bahan bakar plastik ini berguna menjaga tekanan di dalam tangki tidak keluar,” ungkap Yosep lagi.

Kelebihan lain tangki berbahan bakar plastik adalah tidak berkarat dan bobotnya lebih ringan.

Namun, tetap saja endapan kotoran dan air menjadi musuh tangki berbahan plastik. Memang tidak membuat korosi, tapi bisa menyebabkan saringan bahan bakar menjadi tersumbat. (E-002)***