Sejumlah Jalan di KBB Masih Rusak

119

Jelang arus mudik Lebaran 2018, sejumlah ruas jalan di jalur selatan, terutama wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, masih rusak.

Selain membahayakan pengendara, kerusakan jalan membuat antrean kendaraan yang cukup panjang. belum ada upaya perbaikan dari pihak terkait.

Padahal, arus mudik lebaran tinggal kurang dari satu bulan. Banyaknya kendaraan berat terutama kontainer bermuatan lebih, menjadi salah satu penyebab rusaknya badan jalan.

Antrean kendaraan cukup panjang hingga mencapai 2 kilometer teradi di Padalarang, tepatnya di jalan raya Cimareme, kabupaten Bandung Barat.

Selain menjadi perlintasan utama jalan Arteri di jalur selatan dengan banyaknya kendaraan berat, kemacetan dipicu kerusakan jalan di beberapa titik, bahkan berlubang hingga kedalaman tiga puluh sentimeter. Pengendara yang melintas pun berhati-hati dan mengurangi kecepatan laju kendaraannya.

Kerusakan jalan di jalur selatan ini belum ditangani pihak terkait, termasuk Dinas Pekerjaan Umum provinsi Jawa Barat. Padahal, musim arus mudik lebaran tinggal kurang dari tiga pekan, sehingga dikhawatirkan menganggu pemudik yang melintas.

Aparat kepolisian pun berupaya mengurai kemacetan akibat jalan rusak ini, termasuk membatasi jam operasional kendaraan berat pada akhir pekan.,

Dijadwalkan, pada 28 Mei, seluruh kendaraan berat seperti truk kontainer akan dibatasi jam operasionalnya. Truk yang melintas ke Padalarang dari arah Jakarta menuju Bandung yang melewati ruas jalan Arteri, hanya diperbolehkan beroperasi di atas pukul 10 hingga 15.

Selain di Padalarang, bebrapa titik jalan di jalur selatan pun masih rusak, diantaranya di Cipatat, dan Cileunyi kabupaten Bandung. Selain ruas arteri, ada beberapa titik di ruas tol Purbaleunyi dari arah Jakarta menuju Bandung yang rusak dan dalam tahap perbaikan.

algi muhammad gifari, bandung tv.