Mudik Aman dan Nyaman dengan Sepeda Motor

140
USEP USMAN NASRULLOH/"PR" PEMUDIK sepeda motor berboncengan dengan membawa barang saat arus balik melintasi semi terowongan Lingkar Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (17/7/2016). Arus balik masih berlangsung yang didominasi oleh pemudik sepeda motor.*

Tidak lama lagi, momen mudik Lebaran akan segera tiba. Beragam moda transportasi mulai dari yang pribadi hingga publik bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin pulang ke kampung halaman. Tak terkecuali kuda besi.

Meskipun pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan motor untuk mudik karena alasan keselamatan. Tapi tak bisa dipungkiri kalau moda transportasi yang satu ini masih menjadi pilihan.

Bagi yang sudah memutuskan untuk mudik dengan menggunakan motor, sebaiknya bersiap-siap sebelum membawa motor kesayangan untuk menemani mudik.

Demi menciptakan perjalanan panjang yang nyaman, aman, dan menyenangkan, ada baiknya Anda memperhatikan setiap detail dari kendaraan  sebelum digunakan mudik.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik motor sebelum pergi mudik, mulai dari ganti oli, bagian kelistrikan, keausan ban dan  lainnya.

  1. Pastikan Kendaraan Laik Jalan

Pertama, sebelum memulai perjalanan jauh, wajib dipastikan tunggangan kamu dalam kondisi yang prima. Jangan lupa pastikan juga peralatan berkendara yang lengkap sesuai aturan.

  1. Tentukan Rute Utama dan Alternatif yang Akan Dilalui

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya membuka peta untuk mempersiapkan rute yang akan dilalui.

Dalam mennetukan rute ini beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan adalah keberadaan posko mudik, pos polisi, pom bensin, tempat istirahat, tempat ibadah maupun bengkel.

Sehingga nantinya rencana perjalanan dapat disusun dengan baik tanpa perlu khawatir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun jangan lupakan juga rencana rute alternatif. Sehingga bisa dihindari kalau-kalau ada buka tutup lajur, pasar tumpah ataupun sebab kemacetan lain yang tidak diperkirakan.

  1. Pastikan Tubuh Sehat dan Cukup Istirahat

Bukan hanya kondisi kendaraan laik jalan, kondisi tubuh juga harus prima. Jangan paksakan bila merasa tidak fit atau kurang istirahat karena akan menyebabkan konsentrasi terganggu.

  1. Usahakan Perpendek Jarak Tempuh

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memangkas waktu dan jarak mudik dengan motor. Artinya bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis menuju kota terdekat maupun kota yang dituju. Setelahnya baru gunakan motor yang turut dibawa untuk menuju kampung halaman.

Usahakan mengkombinasi atau perpendek rute pejalanan, misalnya gunakan angkutan motor gratis yang dekat dengan kota tujuan, itu tujuannya memperkecil kemungkinan kecelakaan.

  1. Jangan Bawa Barang yang Tidak Perlu, Sebagai Gantinya Bisa Dipaketkan

Sebelum melakukan perjalanan, packing seefektif mungkin. Pilah-pilah kembali barang bawaan. Hal ini penting sebab volume barang bawaan jangan sampai menggangu gerak pengendara maupun pengguna jalan lain.

Apabila terpaksa membawa barang diluar keperluan di jalan, sebaiknya pertimbangkan opsi untuk memisahkannya dan menggunakan jasa kurir ke kampung halaman.

Barang yang tidak digunakan selama perjalanan sebaiknya dipaketkan. Kalau berencana membawa keluarga lebih dari satu orang, sebaiknya anggota keluarga tersebut naik moda transportasi yang jauh lebih aman.

  1. Siapkan Safety Gear untuk Pengendara Maupun Penumpang

Selain pengendara, penumpangnya juga sebaiknya menggunakan kelengkapan berkendara yang sama lengkapnya. Hal ini semata-mata untuk menjamin keselamatan selama di perjalanan.

Safety gear itu mutlak harus digunakan, meliputi helm full face, jaket yang bisa mengaliri udara, kalau ada protektor juga harus digunakan, sarung tangan, hingga sepatu yang menutupi mata kaki, bukan sandal atau sejenisnya untuk mengurangi peluang cidera.

  1. Simpan Surat-Surat Berkendara dan Alat Komunikasi Dalam Kantung yang Mudah Dijangkau

Tak kalah penting, siapkan dan simpan surat-surat penting berkendara seperti STNK, SIM, juga KTP pada kantung yang aman dan mudah dijangkau.

Surat-surat tersebut akan berguna dan memudahkan kamu saat ada razia maupun dihadapkan hal yang tidak terduga. (E-002/BBS)***