BNI Hadirkan Solusi E-Pasar

144

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)  mendukung Kota Bandung menjadi smart city dengan menerapkan solusi transaksi pembayaran retribusi pasar dan jasa pelayanan secara elektronik dan digital (E-Pasar) menggunakan Autodebet dan yap!

Melalui E-Pasar, BNI memberikan kemudahan bagi masyarakat wajib retribusi, seperti pedagang pasar dalam memenuhi kewajibannya. Selain itu, memberikan kepastian pada penerimaan daerah.

Kolaborasi  BNI dan PD Pasar Kota Bandung tersebut merupakan konsep kota cerdas yang dirancang demi membantu berbagai hal kegiatan masyarakat. Khususnya dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien serta memberi kemudahan mengakses informasi bagi masyarakat.

Pembayaran retribusi dan jasa lainnya dilakukan secara otomatis menggunakan BNI Autodebet, serta menggunakan Yap. Yap adalah sebuah aplikasi pembayaran melalui scan QR code dengan sumber dana Kartu Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik, sehingga baik nasabah maupun  non nasabah dapat menggunakan aplikasi Yap yang  dapat di-download di Play Store dan App Store.

Melalui Yap, BNI mendukung penerapan cashless payment di Kota Bandung yang akan terimplementasi di Pasar Bandung, Mikro Merchant, serta Chain Store yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall.

Hadir pada acara di Pasar Anyar Kota Bandung, Rabu (30/5)  tersebut Pjs Walikota Bandung Muhammad Solihin, CEO BNI Wilayah Bandung Afien Yuni Yahya, Direktur Utama PD. Pasar Bermartabat Erfan Maksum, GM PT. Telkom Bandung Hendrawan serta jajaran  SKPD Pemerintah Kota Bandung ditandai  dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

CEO BNI Wilayah Bandung,  Afien Yuni Yahya mengungkapkan pembayaran retribusi saat ini dilakukan lebih efisien, transparan, akuntabel  dengan menggunakan Autodebet dan Yap. “Jadi pedagang pasar dapat melakukan pembayaran secara otomatis atau melalui smartphone (dengan menggunakan Yap) dengan lebih mudah,” paparnya.

Melalui penerapan e-Pasar,  para pengelola pasar dengan mudah memperoleh laporan perkembangan bisnis para pedagang. Tujuannya untuk memudahkan pula BNI sebagai bank partner dalam memberikan pembiayaan berupa KUR yang memberikan bunga cukup ringan mulai 7%.

Komitmen BNI sebagai banking partner Pemerintah Kota Bandung mendukung konsep smart city  sekaligus menjadi acuan dan langkah strategis untuk menjadikan BNI sebagai One Stop Banking Solution bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia.(ADV)***