NASA Bikin Robot Terinspirasi dari Tokek

96

NASA, badan antariksa Amerika Serikat baru-baru ini mengungkap robot yang memiliki kemampuan seperti tokek.

Dilansir Zdnet, Selasa (10/7/2018), tangan merupakan ‘barang panas’ di dunia robot. Ini menjadi salah satu tren terbesar dari konferensi Automatica, salah satu pameran teknologi robot dunia, yang baru-baru ini digelar di Jerman.

Di antara teknologi cengkeraman pada tahun ini, ada robot yang diciptakan terinspirasi dari jari tokek. Seperti diketahui, tokek memiliki kemampuan di kaki-kaki mereka, di mana terdapat gerakan yang bisa diamati secara mikroskopis.

Gerakan atau kemampuan ‘flap’ pada tokek membentuk ikatan molekul dengan permukaan benda. Menghasilkan kemampuan adhesi, ini membuat tokek dapat merayap di dinding.

Teknologi di balik kemampuan ini dikerjakan oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, Stanford University, dan UC San Diego.

Produk ini merupakan salah satu dari debut yang ditawarkan OnRobot, sebuah perusahaan yang baru-baru ini dibentuk melalui penggabungan tiga pesaing internasional, termasuk Persepsi Robotics, yang memimpin dalam komersialisasi teknologi ‘gecko grip’.

Sekadar informasi, teknologi Vacuum grippers adalah salah satu alat robot yang paling umum digunakan. Akan tetapi, vacuum tidak bekerja dengan baik pada benda-benda berlubang atau berpori, dan robot bisa gagal bila kotor.

Dengan demikian, Gecko Gripper bisa menjadi alat yang berguna misalnya untuk mengatasi kegagalan pada teknologi vacuum grippers. Gecko Gripper kabarnya bisa dimanfaatkan untuk mengambil printed circuit boards. (C-003/ahl)***