Deteksi Jika Baterai Aki Mobil Melemah

145

PERNAH mengalami kendaraan Anda mogok karena tidak mau menyala saat distarter? Jika sudah bermasalah begini apalagi kondisi tersebut dialami saat di jalan, tentu akan sangat membuang waktu dan merepotkan.

Umumnya, permasalahan yang dialami bila mobil tak bisa distarter, ada hubungannya dengan baterai mobil (aki-red)). Aki merupakan salah satu komponen vital yang kerap menjadi dugaan pertama sumber mogok.

Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya ada cara untuk mengetahui tanda-tanda aki yang melemah. Berikut ini gejala aki (baterai)  melemah:

  1. Saat Anda memutar kunci kontak, hanya terdengar bunyi “Ctak-Ctek” atau bahkan tidak ada bunyi sama sekali.
  2. Perhatikan dashboard dan instrumen panel. Saat Anda memutar kunci kontak maka lampu-lampu indikator menjadi meredup atau bahkan mati.
  3. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, suara klakson akan melemah atau tidak bersuara sama sekali.
  4. Periksa pemasangan kabel di bagian terminal aki

Cara mudah mendeteksi aki mobil yang terakhir adalah dengan memeriksa atau mengecek pemasangan kabel di bagian terminal akinya. Periksa pemasangan pada bagian tersebut untuk mengetahui apakah kendor atau kencang pemasangan kabelnya. Jika kendor bisa dikencangkan dan dibersihkan dengan cara sikat atau amplas menggunakan sikat kawat yang sedang. Tetapi jika dengan cara itu tidak berhasil anda bisa mengecek volume air akinya jika mobil anda menggunakan aki basah. Anda bisa menambahkan air apabila telah melewati garis batas standar volume akinya. Tetapi jika kerusakan terletak pada usia aki, sebaiknya ganti dengan aki yang baru.

Jika keempat gejala tersebut dirasakan, Anda bisa memastikan bahwa penyebab terbesar mobil mogok tidak bisa distarter karena baterai atau aki mobil Anda lemah.

Untuk perawatan aki mobil atau ACCU anda harus rajin mengecek air aki minimal satu bulan sekali bagi mobil lama. Karena aki akan cepat mati atau lemah jika air kurang. Tetapi perlu anda ingat, untuk menambah air accu jangan menggunakan air zuur tetapi gunakan air accu biasa. Karena air zuur ini khusus digunakan untuk pemberian air pada aki baru atau yang belum dipakai sama sekali. Satu hal lagi yang penting sekali anda perhatikan adalah jangan mengisi atau menambahkan air accu atau air aki ketika mobil masih dalam keadaan panas.

(E-002/BBS)***