Menyorot Artis Nyaleg

92

WOW!  Banyak artis ramai-ramai ikut terjun ke politik praktis. Nama tenar yang mereka miliki menjadi modal kuat untuk bisa terpilih menjadi anggota legislatif.  Sayangnya,  peran para artis di kancah politik sejauh ini belum memberikan warna dan kontribusi yang maksimal dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Saya setuju bahwa tidak ada yang salah dengan artis beralih karier menjadi politikus. Setiap warga negara , termasuk para artis, berhak untuk terjun ke dunia politik.  Akan tetati,  wajar sebagai publik figur, artis yang beralih profesi menjadi politikus banyak  mendapat sorotan masyarakat.

Dalam tren lima tahunan itu tercatat banyak artis yang tiba-tiba banting setir menjadi politikus. Sebut saja Andika, mantan personel Kangen Band; Vicky Shu, Giring Nidji, Dina Lorenza, Jane Shalimar, Hengky Kurniawan, Ahmad Dhani, dan Fauzi Baadila. Dari kalangan mantan atlet, ada mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat, Ricky Subagja, dan mantan petinju Chris John.

Agaknya artis cukup mudah bisa terpilih menjadi anggota DPR berkat kete­na­ran­nya. Ada sejumlah nama artis yang kini telah duduk sebagai anggota DPR periode 2014-2019. Ada nama-nama seperti Nico Siahaan, Rieke Diah Pitaloka, Primus Yustisio, Desy Ratnasari, Anang Hermansyah, Jamal Mirdad, Rachel Mariam, Lucky Hakim, Krisna Mukti, Moreno Suprapto, Eko Patrio.

Namun, berbagai kalangan menilai banyaknya artis saat ini belum banyak memberikan kontribusi, terutama saat pengambilan keputusan-keputusan terhadap isu-isu krusial yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Tak salah jika publik kemudian mengecap mereka masuk politik hanya sebagai pendongkrak suara partai dan jadi “pemanis“ saat di Parlemen.

Fenomena ini bisa dijadikan otokritik bagi artis yang  nyaleg. Jangan sampai mereka menjadi anggota DPR hanya untuk gagah-gagahan tanpa bekal pengetahuan yang cukup dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Pasalnya, wakil rakyat itu sebenarnya mengemban tugas dan tanggung jawab terkait  pengawasan, penganggaran, dan pembuatan undang-undang.

Radit, Sukajadi Bandung