Jabar Jadi Tuan Rumah Temu INTOSAI WGEA

76

BISNIS BANDUNG– Terplihnya  Jabar sebagai tempat pertemuan kelompok kerja audit lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedunia atau International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA) yang diikuti  32 negara dinilai  memberi manfaat  lebih dikenal lagi provinsi tatar Sunda ini  di mata dunia.

Menurut  Ketua DPRD  Jabar,  Ineu Purwadewi Sundari,  ditetapkannya  sebagi tuan rumah pertemuan INTOSAI WGEA, tentunya  disambut gembira  dan diapresiasi.  Sebab   even dunia  sepertri ini secara tidak langsung dapat mengenalkan Jabar di mata dunia.

Selain itu, dengan dilaksanakannya acara tersebut dapat dijadikan sebagai media untuk menyosialisaiskan potensi Jawa Barat, kata Ineu saat menghadiri INTOSAI WGEA di salah satu Hotel di Bandung, Senin  pekan  ini.

“Jawa Barat bisa lebih dikenal lagi oleh negara-negara yang tergabung dalam asosiasi BPK ini, meskipun sudah mengetahui sebelumnya namun dengan ini mereka bisa mengetahui Jawa Barat secara detail. Mereka bisa mengetahui bagaimana   mengeleloa lingkunga hidup, dan aspek-aspek pembangunan lainnya .” kata Ineu.

“Semoga even  internasional seperti ini bisa lebih banyak dilakukan di Jawa Barat, sebagai upaya untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya , ” ujar Ineu.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Wilayah Jabar,  Arman Syifa menjelaskan, INTOSAI WGEA memiliki tujuan membantu badan pemeriksa dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu yang berkaitan dengan audit lingkungan.

“Kelompok tersebut memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman antarbadan pemeriksa serta mempublikasikan pedoman dan informasi lainnya,”katanya.

Selain melakukan pertemuan diagendakan akan melakukan beberpa kunjungan ke tempat-tempat literasi budaya jawa barat.  “Selanjutnya  kami akan melakukan semacam workshop untuk membahas isu terkait lingkungan,” pungkasnya.(B-002)***