Korban Keracunan Tutut Di Sukabumi Bertambah Jadi 55 Orang

63

korban keracunan tutut atau keong sawah di kadudampit, kabupaten sukabumi, bertambah jadi 55 orang. hingga kini, sebagian korban masih dirawat di empat rumah sakit di kota sukabumi.

hingga kamis pagi, korban keracunan tutut, masih tergolek lemah di posko kesehatan yang di sediakan dinas kesehatan kabupaten sukabumi. korban yang sebagian anak-anak tersebut, dirawat intensif oleh petugas dari dinas kesehatan.

saat ini, jumlah korban bertambah 10 orang menjadi 55 orang. dinas kesehatan bersama petugas pukesmas akan menyisir sejumlah wilayah untuk mencari kemungkinan ada korban yang lainnya. terkait kasus ini, pemerintah kabupaten sukabumi menetapkan kejadian tersebut menjadi kejadian luar biasa atau k-l-b.

sementara itu sekretaris dinas kesehatan kabupaten sukabumi, harun alrasyid mengatakan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pemetaan di area yang terindikasi sebagai lokasi yang terkena keracunan tutut, menurutnya bukan tutunya yang menjadi peyebabnya, tetapi bumbu masak yang dipakai dalam memasak tutut tersebut.

sebelumnya, puluhan warga di dua desa, yakni desa sukamanis dan citamiang, kecamatan kadudampit, kabupaten sukabumi, ini mengalami gejala mual, pusing dan muntah, serta rasa nyeri di perut, setelah mengkonsumsi tutut atau keong sawah. satu orang dinyatakan meninggal dunia akibat keracuan tersebut.

budi setiawan, bandung tv.