Hadapi Revolusi Industri Diperlukan SDM Unggul

94

BISNIS BANDUNG– Guna  mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta mampu menjawab tantangan dunia kerja yang terus mengalami perkembangan seiring hadirnya era revolusi industri saat ini, maka perguruan tinggi harus melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari saat memberikan orasi ilmiah pada acara Sidang Terbuka Senat Politeknik LP3I Bandung dalam rangka Wisuda XV Program Diploma III Tahun Akademik 2017/2018 dengan tema “Menyiapkan SDM yang Berdaya Saing dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di Harris Hotel Ciumbuleuit, Kota Bandung, pekan ini.

Bukan hanya alih kelola jenjang SMA dan SMK saja, tentunya perguruan tinggi ini harus ada kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mencipatakan sumber daya manusia yang ke depan semakin berdaya saing, berkarakter dan bisa beradaptasi dengan revolusi industri seperti yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Pemerintah dan DPRD  Jawa Barat, katanya  selama ini sebagai mana kewajibannya di dunia pendidikan sesuai dengan amanat undang-undang selalu mendukung kebutuhan pendidikan di Jawa Barat.

“Kami harus terus meningkatkan peran serta pemerintah dan perguruan tinggi untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni dan  mampu bersaing di Jawa Barat,” ujar Ineu.

Ineu menambahkan, dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang cukup besar hal tersebut menjadi tantangan yang luar biasa.

Namun pihaknya meyakini dengan terjalinnya kerjasama yang baik dari seluruh elemen dalam upaya melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kami yakin dengan kerja sama seluruh unsur pemerintah, perguruan tinggi, dan pelaku usaha serta masyarakat secara bersama-sama untuk mengahadapi era revolusi industri keempat tersebut. Di sini  sumber daya manusia sebagai ujung tombaknya,”pungkas Ineu.