Pada AreaTaman Bungkul Terdapat Makam Ki Ageng Supo

190

SURABAYA sebagai kota metropolis kedua di Indonesia tidak hanya terkenal karena memiliki banyak tempat perbelanjaan (Mall). Surabaya juga merupakan salah satu kota terindah di Indonesia, karena memiliki banyak taman yang sangat mudah ditemukan.Pada tahun 2017 Pemerintah Kota Surabaya menambahkan 28 taman untuk turut menghijaukan kota pahlawan ini. Salah satu taman yang sangat terkenal di kota ini adalah Taman Bungkul. Di Area seluas kurang lebih 900 meter , warga Surabaya berekreasi atau sekedar bersantai.

Sebagai salah satu kota besar dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, Kota Surabaya memiliki sejumlah taman kota yang berfungsi meminimalisir hal tersebut. Taman-taman ini dikelola dengan cukup baik dan tampak indah. Dengan banyaknya pepohonan yang dimiliki, taman-taman ini menjadi tempat yang pas untuk beristirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan dan mengisi paru-paru kita dengan lebih banyak oksigen untuk kondisi badan dan pikiran yang lebih baik. Salah satu taman kota yang bisa anda kunjungi di Surabaya adalah Taman Bungkul. Taman ini berhasil memadukan fungsi rekreasi, sosial, pendidikan dan budaya menjadi satu. Tak heran jika taman ini berhasil mendapatkan Asian Townscape Award pada tahun 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Taman Bungkul sebenarnya merupakan area wisata religi. Tempat ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul, salah satu ulama penyebar agama Islam. Namun, oleh pemerintah kota, lingkungan di sekitar kuburan dirapikan menjadi taman yang sangat menawan dengan fasilitas yang cukup komplet.Awal mula nama taman bungkul memang tidak lepas dari nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya, dia adalah Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul yang makamnya terdapat di belakang taman ini dan sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah.

Taman Bungkul di kawasan Jalan Raya Darmo Surabaya,  dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amfiteater dengan diameter 33 M, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur. Selain itu, taman ini juga difasilitasi dengan akses internet nirkabel.Taman Bungkul sudah seperti jantung Kota Surabaya dan menjadi taman wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara kegiatan seni dan budaya seriang juga digelar disini . Di bagian belakang taman, terdapat beberapa warung yang menawarkan menu khas Surabaya, seperti rawon, soto, bakso dan lainnya. Taman Bungkul selalu ramai dikunjungi dari pagi hingga malam hari dan menjadi bagian dari Kota Surabaya yang pantas untuk dibanggakan.

Taman yang diresmikan 21 Maret 2007 ini memiliki sejumlah fasilitas permainan yang akan membuat anak-anak anda betah berlama-lama . Ada permainan jungkat-jungkit, seluncuran, ayunan, dan beberapa permainan lainnya. Ada pula kolam air mancur dan green park yang semakin mempermanis keberadaan taman. Anda juga bisa jogging bersama buah hati anda di sepanjang jogging track yang ada di taman.Dengan penataan taman yang nyaman, sejumlah komunitas kerap menggunakan Taman Bungkul sebagai area mereka berkumpul, baik untuk sekedar ngobrol atapun melakukan aktivitas dan event mereka.

Sentra PKL tertata dengan rapi yang membuat kita nyaman selama bersantap dan keindahan taman tetap terjaga. Beberapa kuliner khas Surabaya seperti rujak cingur, lontong balap, dan sebagainya.Taman Bungkul kerap digunakan sebagai tempat acara-acara penting di Surabaya. Dengan amfiteater berdiameter 33 m, Taman Bungkul menjadi tempat yang pas untuk melakukan banyak acara. Di hari minggu anda bisa mengikuti Car Free Day yang begitu ramai di Taman Bungkul. Jadi pastikan untuk menikmati kesegaran udara di Taman Bungkul dan bersenang-senanglah di sana dengan semua fasilitas yang dimiliki. (E-001) ***