Jajal Bisnis Speaker Pintar Pakai Kecerdasan Buatan

80

SAMSUNG Electronics segera memperkenalkan speaker pintar berbasis kecerdasan buatan. Produk ini akan berhadapan dengan kompetitor seperti Google, Amazon, dan pemain lain yang saat ini juga tengah mengembangkan produk serupa.

Google dikenal memiliki produk speaker pintar yang dinamakan Google Home yang punya kecerdasan buatan Google Assistant, sementara Amazon punya speaker cerdas yang ditenagai oleh asisten pintar Alexa. Kabarnya, Apple juga akan masuk ke industri ini dengan Siri miliknya.

Dilansir dari Korea Times, perusahaan mengatakan akan menggelar speaker asisten Bixby di paruh kedua tahun ini. Samsung dilaporkan akan memperkenalkan speaker tersebut bersamaan dengan smartphone Galaxy Note 9 high-end terbaru di New York, 9 Agustus.

Menurut Layanan Informasi Hak Kekayaan Intelektual Korea (KIPRIS), Samsung mengajukan hak merek dagang atas nama “Magbee” di Kantor Kekayaan Intelektual Korea, 13 Juli. Samsung juga mengajukan hak merek dagang dengan nama serupa di Eropa dan AS.

Seorang juru bicara Samsung Electronics mengatakan perusahaan belum bisa konfirmasi terkait speaker tersebut.

“Perusahaan kami berencana untuk meluncurkan speaker AI di paruh kedua tahun ini,” ujar Kepala Bisnis Perusahaan Seluler Koh Dong-jin.

Di tengah kebangkitan AI dan internet of things technologies (IoT), pasar speaker AI global telah berkembang pesat. Menurut tracker industri Canalys, jumlah AI di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 100 juta pada akhir tahun. Ini 2,5 kali lebih tinggi dari tahun sebelumnya dan angkanya akan tumbuh menjadi 225 juta pada tahun 2020.

Enam puluh empat persen dari speaker AI telah dipasang di AS, diikuti oleh China dengan 10 persen, Inggris dengan 8 persen dan Jerman dengan 6 persen. Korea kelima dengan sekitar 3 juta. (C-003/AGE)***