Klinik Bisnis STIE Ekuitas

93

Klinik bisnis merupakan manifestasi dari tagline STIE Ekuitas yaitu kewirausahaan. Sebagaimana diketahui ada 3 tagline yang disandang oleh STIE Ekuitas yaitu keuangan, perbankan dan kewirausahaan. Program klinik bisnis telah berlangsung sejak tahun 2013, sebagai hasilnya ribuan pelaku UMKM dan mahasiswa telah menjadi bagian dari program ini. Pada 7 Agustus 2018 bertempat di lobby STIE Ekuitas klinik bisnis menggelar kegiatan konsultasi bisnis bagi pelaku UMKM. Selain pelaku UMKM, mahasiswa studepreneur pun bisa mengikuti kegiatan tersebut, baik pelaku UMKM maupun peserta studepreneur tidak dipungut biaya selama mengikuti kegiatan.

            Kegiatan dibuka dengan prosesi seremonial tanda dimulainya kegiatan itu, selepas prosesi seremonial kegiatan selanjutnya ialah peresmian Lab Bisnis. Lab itu merupakan buah kerjasama antara STIE Ekuitas dengan mitra bisnis,dalam hal ini ialah Armor Coffe.Tujuan dibuatnya Lab Bisnis di kampus STIE Ekuitas ialah sebagai wadah mahasiswa studepreneur untuk melakukan praktek kegiatan wirausaha mereka. Dengan kata lain dengan adanya mitra bisnis maka para studepreneur bisa mengetahui secara langsung tahapan tahapan berwirausaha. Baik itu melayani konsumen,menjual produknya serta dinamika lainnya yang terjadi dalam dunia usaha.

            Selain peresmian Lab Bisnis kegiatan penting lainnya, dalam Klinik Bisnis kali ini ialah konsultasi bisnis bagi pelaku UMKM dan peserta studepreneur. Pokok bahasan dalam konsultasi dengan para konsultan yang kompeten di bidangnya tersebut meliputi bidang Haki, BPOM, PIRT, sertifikasi halal,perizinan,ekspor impor,manajemen usaha,desain produk,desain kemasan,lembaga pembiayaan dan IT.

Baik pelaku UMKM maupun peserta studepreneur sangat antusias mengikuti kegiatan konsultasi.Hal ini terlihat dari alokasi waktu yang disediakan oleh penyelenggara dirasakan kurang. STIE Ekuitas sebagai lembaga pendidikan yang fokus terhadap dunia perbankan,keuangan serta kewirausahaan, ke depannya akan terus melakukan berbagai kegiatan yang menunjang ketiga tagline di atas baik itu melalui berbagai program maupun dalam metode pengajaran yang diberikan kepada mahasiswa STIE Ekuitas.