KPID JABAR Goes To Village, Masyarakat Sebagai Alat Kontrol Media

77

Komisi Penyiaran Daerah Jawa Barat,menggelar kegiatan bertajuk KPID goes to village. Rangkaian kegiatan dilakukan tanggal 10-11 Agustus 2018 di Desa Margamukti,Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Hari pertama kegiatan diisi dengan sosialisasi tentang literasi media,tugas pokok KPID serta teknik berbicara di depan umum.Sosialisasi diberikan kepada warga Desa Margamukti bertempat di gedung serbaguna SD Kertamanah. Puluhan warga Desa Margamukti sangat antusias menyimak materi yang di berikan  narasumber dari KPID Jabar.Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media. Literasi media merupakan seperangkat perspektif yang digunakan secara aktif saat mengakses media massa untuk menginterpretasikan pesan yang di hadapi.

            KPID jabar sebagai lembaga kontrol tidak bisa sendirian melakukan kontrol terhadap semua tayangan media terutama televisi.Dibutuhkan peran aktif masyarakat sebagai pengakses tayangan informasi untuk memberi masukan kepada KPID Jabar.Tayangan tayangan informasi mana saja yang sesuai kaidah dan normaserta tayangan mana saja yang menyebarkan informasi negatif, informasi negatif ini dilaporkan kepada KPID.Untuk membentuk pemirsa yang cerdas terhadap isi tayangan diperlukan sosialisasi terhadap literasi media serta tugas pokok KPID,oleh karena itu KPID Jabar melakukan sosialisasi ke berbagai daerah.

Dengan program sosialisasi ini KPID Jabar mengajak masyarakat untuk menjadi pemirsa yang cerdas terhadap tontonan yang diberikan oleh industri media terutama televisi.Dengan kata lain masyarakat menjadi alat kontrol terhadap apa yang mereka lihat di televisi,bila tontonan itu tidak sesuai dengan kaidah dan norma , mereka bisa melaporkannya kepada KPID.Selain literasi media, masyarakat Desa Margamukti diberi penjelasan mengenai tugas pokok KPID serta teknik berbicara di depan umum. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada kesempatan diserahkan bantuan untuk taman bacaan yang dikelola Karang Taruna Margamukti.Acara hari pertama di tutup dengan sesi foto bersama.

Rangkaian kegiatan pada hari kedua dimulai dengan sosialisasi tentang literasi media serta tugas pokok KPID yang disampaikan langsung oleh Ketua KPID Jabar di hadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi peserta Jamnas tex 39 dari STT Tekstil Bandung.Kegiatan sosialisasi literasi media dinilai penting dilakukan kepada generasi milenial karena mereka merupakan salah satu pengakses media terbesar saat ini,baik  melalui smartphone atau televisi.Disela sela kegiatan sosialisasi anggota KPID membagikan brosur kepada peserta Jamnas tex 39, berisi tentang materi tugas pokok KPID serta literasi media.Meski kegiatan sosialisasi dilakukan di lapangan,namun u tidak menyurutkan antusias para peserta Jamnas tex dalam menyerap materi yang diberikan oleh Ketua KPID Jabar.

Kegiatan berlanjut dengan berunjungan ke taman bacaan,selepas kunjungan seluruh rombongan dari KPID Jabar menyempatkan diri untuk mengunjungi kawasan hutan pinus yang ada di wilayah Margamukti.Dikawasan hutan pinus ini mereka merasakan kesejukan udara khas dataran tinggi Pangalengan, dani mengabadikan keindahan kawasan hutan serta berswafoto dengan latar hutan pinus.Kegiatan sosialisasi  akan terus dilakukan  KPID Jabar , agar masyarakat mampu menjadi alat kontrol , selain sebagai penonton yang cerdas menelaah tayangan informasi dari media massa , terutama televisi. (E-001) ***