5 Startup Asal Indonesia yang Sukses di Kancah Nasional

121

MENJALANKAN bisnis startup merupakan hal yang dilakukan oleh sebagian kalangan muda atau millennial. Mereka menciptakan ide kreatif yang berkontribusi bagi masyarakat.Perkembangan teknologi pun mendorong kebiasaan orang yang berfokus pada smartphone. Dengan demikian, aktivitas seperti belanja online, berkomunikasi dan mengakses layanan online menjadi lebih mudah.

Okezone akan mengungkap startup yang telah sukses di kancah nasional, bahkan mereka telah mengekspansi bisnisnya ke luar negeri.

  1. Go-Jek

Go-Jek didirikan oleh Nadiem Makarim pada 2010, bisnis berbasis layanan jasa antar jemput, pengiriman barang, makanan dan masih banyak yang lainnya. Go-Jek masih sangat popular hingga sekarang, tak disangka perusahaan ini juga telah mengembangkan bisnisnya ke pasar Internasional dengan meluncurkan Go-Viet.

Jasa Go-Jek yang pada awalnya hanya terdapat di Jakarta, kini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia dan sudah menghasilkan omset yang melimpah.

  1. Tokopedia

Wiliam Tanuwijaya seorang pencetus ide bisnis sekaligus CEO Tokopedia. Startup ini didirikan sejak 2009 yang memiliki sumber pendanaan dari Sequoia dan Softbank.

Tokopedia menghadirkan tempat bagi pemilik usaha untuk menjajakan barang dagangannya melalui Internet untuk dapat ditemukan dengan mudah atau yang biasa disebut juga dengan Online Shop.

  1. Traveloka

Bisnis yang didirikan oleh Ferry Unardi ini bergerak di bidang pelayanan jasa traveling dengan beragam pilihan transportasi beserta waktu keberangkatan. Traveloka cocok untuk pengguna yang memiliki sedikit waktu untuk sekedar mencari agen travel.

Dengan membuka web traveloka yang tersedia di browser maupun aplikasi, Anda dapat memesan tiket pesawat, kereta, bus bahkan hingga tempat penginapan sekaligus.

  1. Happy Fresh

Happy Fresh merupakan jasa yang bergerak di bidang delivery bahan makanan besutan CEO Markus Bihler. Startup ini memudahkan Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk belanja keperluan seperti buah, sayur dan bahan lainnya serta terkendala kemacetan yang sering dijumpai di kota besar.

Untuk dapat menggunakan jasa ini, Anda harus memesannya terlebih dahulu melalui aplikasi lalu memilih bahan apa saja yang diperlukan, lalu pihak Happy Fresh selanjutnya akan membelanjakan dan setelahnya dapat diantar ke tempat tujuan.

  1. BrideStory

Kevin Mintaraga merupakan orang yang memiliki ide bisnis unik bernama BrideStory yang merupakan bisnis penyewaan gaun pengantin dan jasa photoshoot bagi mereka yang masih bingung menentukan tema pernikahannya. Dalam hal ini, BrideStory sudah memperluas bisnisnya di Singapura dan Negara Asia Tenggara lainnya.

BrideStory sudah dikenal di platform Instagram yang juga mensponsori banyak pernikahan selebriti Indonesia. (C-003/oz)***