Tak Perlu Banyak Aplikasi di Ponsel Pintar

255

SEBAGAI salah satu sistem operasi terpopuler, Android menawarkan sejumlah aplikasi pendukung. Beragam aplikasi itu tersedia untuk mendukung kebutuhan penggunanya. Dengan mudah, pengguna dapat memasang aplikasi langsung dari toko aplikasi resmi. Bahkan, kebanyakan aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis.

Meski tersedia secara gratis, tidak seluruh perangkat Android memiliki kapasitas memori besar. Oleh sebab itu, pengguna tidak bisa memasang aplikasi yang hanya mampu menjalankan satu fungsi.

Beruntung, Google memiliki aplikasi Google Search. Kendati dikenal hanya berfungsi untuk mesin pencari, sebenarnya aplikasi ini menyimpan banyak fitur di dalamnya.

Untuk mengetahui apa saja fungsi tersembunyi dari aplikasi Google Search, berikut ini adalah beberapa fungsi mengoptimalkan aplikasi seperti dikutip BB dari Make Use Of, Selasa (28/8/2018).

  1. Pengingat

Dengan aplikasi Google Search, kamu tidak perlu memasang aplikasi pengingat khusus. Di dalam aplikasi ini sebenarnya sudah memiliki fitur reminder khusus.

Kamu dapat mengaktifkannya melalui perintah suara atau membukanya langsung dari aplikasi. Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka ikon hamburger di bagian paling kanan aplikasi, lalu pilih opsi Reminders.

  1. Cuaca

Fitur cuaca memang telah tersedia sejak lama di aplikasi Google Search. Selain menampilkan data yang terus diperbarui, pengalaman penggunaan yang diberikan juga terbilang baik.

Sama seperti fitur pengingat, kemampuan informasi cuaca ini dapat diakses lewat perintah suara dan aplikasi langsung. Sebagai tambahan, kamu juga dapat menampikan shortcut di laman depan perangkat Android kamu.

  1. Berita

Aplikasi Google Search juga menyediakan fitur berita bagi pengguna. Saat membuka aplikasi, Google akan menampilkan deretan berita langsung di laman depan.

Kamu juga dapat melakukan personalisasi dan memperbarui informasi berdasarkan kategori yang dipilih. Sebagai catatan, artikel yang ditampilkan biasanya dipengaruhi pula oleh preferensi dan riwayat pencarian.

  1. Konversi Uang

Fitur konversi uang juga dimungkinkan dilakukan di aplikasi Google Search. Cara melakukannya pun terbilang mudah, dengan mengetikkan mata uang yang ingin dikonversi dalam kolom pencarian.

Aplikasi ini juga mampu menampilkan riwayat grafik nilai mata uang dalam beberapa hari terakhir. Kamu juga dimungkinkan untuk mengatur mata uang yang diinginkan lewat menu yang ditentukan.

  1. Penerjemah

Lewat aplikasi ini, kamu dapat mengakses fitur Google Translate. Aplikasi ini dapat menjadi semacam aplikasi Translate versi mini.

Kemampuan pendiktean juga sudah didukung di aplikasi ini. Kamu juga dapat memperbesar hasil terjemahan untuk membuatnya lebih mudah dilihat. (C-003/Ysl)***