Krisis Air Bersih, Warga Ribut Berebut Air

128

Kemarau panjang yang melanda sejak empat bulan terakhir, mebuat warga kabupaten cianjur saling berebut air bersih di sumur resapan. keributan terjadi, akibat sumur milik warga sudah kering.

Beginilah situasi saat warga di kampung cikarang, desa jayagiri, kecamatan sindang barang, berebut air bersih di sumur resapan yang mengering. warga saling berebut ember, untuk bisa mengambil air bersih dari dalam sumur.

Kejadian ini hampir setiap hari terjadi. bahkan, warga dari kampung lain harus berjalan kaki dengan jarak cukup jauh menuju sumur resapan. namun, saat ini kondisi sumur resapan tersebut sudah hampir kering.

Saling berebut air bersih sudah menjadi kebiasaan warga. jika tidak berebut atau bahkan telat mengambil air, warga tidak bisa menggunakannya untuk keperluan m-c-k.

Menurut warga, krisis air bersih terjadi hampir di setiap desa di kecamatan sindang barang, sudah hampir empat bulan. sumur resapan ini pun merupakan satu-satunya tempat yang masih menyimpan air bersih meskipun mulai mengering.

Menurut aparat pemerintahan desa, hampir di tiga dusun di desa jayagiri, setiap musim kemarau warga kesulitan mendapatkan air bersih. bahkan, warga harus membeli air bersih seharga tiga ribu rupiah perjerigen.

Warga berharap, pemkab cianjur bisa membantu mendistribusikan air bersih, karena selama musim kemarau belum pernah ada bantuan ke desa-desa di kecamatan sindang barang, yang mengalami krisis air bersih.

Heri setiawan, bandung tv.