Bawaslu Temukan 452 Pelanggaran Pilkada 2018

116

Badan pengawas pemilu atau bawaslu jawa barat, mencatat empat ratus lima puluh dua pelanggaran terjadi pada pilkada serentak tahun 2018, di jawa barat. pelanggaran aparatur sipil negara menjadi tercatat terbanyak dalam perhelatan politik ini. netralitas asn terciderai dengan ikut memenangkan salah satu paslon dalam pilkada tersebut.

Usai memberikan pengarahan pada sosialisasi hasil pengawasan penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa dalam pilkada di jabar tahun 2018, komisioner bawaslu jabar zaki hilmi, mengatakan, 452 pelanggaran terjadi pada pilkada serentak di jabar. umumnya, pelanggaran dilakukan oleh aparatur sipil negara atau asn.

Sanksi yang diterima asn merupakan ranah komisi aparatur sipil negara atau k-a-s-n. bawaslu jabar hanya pada ranah menerima dan meneruskan laporan pelanggaran tersebut ke kasn.

Bawaslu jabar pun menyesalkan sikap k-a-s-n yang tidak sigap dalam memberikan sanksi. padahal, k-a-s-n berhak menindak sesuai undang-undang kepegawaian, mulai dari pencabutan jabatan, penurunan jabatan, dan yang lainnya.

Ditambahkannya, bawaslu jabar selalu meneruskan pelaporan pelanggaran yang terjadi di pilkada. misalnya, pelanggaran yang menyangkut administrasi atau pidana. untuk pelanggaran pidana, pihaknya langsung mengkaji di sentra penegakkan hukum terpadu atau gakkumdu, yang diteruskan ke kepolisian.

Yuwana kurniawan, bandung tv.