Jack Ma: Pebisnis Muda dan UKM Bisa Raih Kesempatan dari Jualan Online

106

SEPERTI diwartakan sebelumnya, pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Kepala Badan Kreatif Nasional (BEKRAF), Triawan Munaf.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah upaya untuk mendorong para pelaku bisnis muda termasuk usaha kecil dan menengah menangkap kesempatan bisnis dari internet dan e-Commerce.

“Kami baru saja melakukan pertemuan produktif. Dari kemarin saya bertemu Presiden dan berdiskusi banyak hal. Sementara, hari ini merupakan pertemuan lanjutan,” kata Jack Ma kepada awak media saat ditemui usai melakukan pertemuan di hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Minggu (2/9/2019).

Selain itu, pembahasan lain yang dilakukan adalah mengenai pengembangan talenta untuk e-Commerce termasuk soal internet. Ada pula pembahasan mengenai hubungan antara inklusi finansial dengan internet.

Menurut Jack Ma, pembahasan yang dilakukan adalah mengenai cara untuk dapat membantu orang-orang muda mendapatkan pinjaman uang, terutama sebagai modal untuk membuka bisnis.

“Kami juga berdiskusi mengenai cara memperbaiki bisnis perdagangan e-Commerce antara Indonesia dengan Tiongkok termasuk dengan negara-negara lain,” ujar  salah satu pria terkaya di Tiongkok itu.

Jack Ma juga menyebut dirinya sempat membicarakan soal gelaran 11 November yang dikenal penting untuk bisnis e-Commerce Tiongkok.

Sekadar informasi, 11 November gelaran terbesar Alibaba yang menawarkan beragam produk dan program pilihan.

“Banyak hal yang bisa dilanjutkan dari pertemuan ini ke depannya,” tutur Jack Ma mengakhiri pembicaraan.

Sebelumnya, Jack Ma juga sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor dengan membahas sejumlah agenda.

Pertemuan dengan Menteri Kominfo berlangsung dan diadakan secara tertutup di sebuah hotel di kawasan SCBD, Jakarta.

Namun, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, mengungkapkan pertemuan sudah berlangsung lebih dari setengah jam.

Pria yang karib disapa Nando ini mengungkap, dalam waktu setengah jam itu Jack Ma sudah berbicara di depan para menteri. Ia menjelaskan bagaimana bisa membangun bisnis Alibaba sampai ke puncak kesuksesan.

”Ia (Jack Ma) juga memberi nasehat untuk Indonesia. Suasana langsung hening, semua hadirin langsung mendengarkan seksama ke Jack Ma,” ujar Nando.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan CEO Alibaba Jack Ma di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9). Tujuan membuat Jack Ma Institut di Indonesia untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang ekonomi digital.

Menurut berbagai sumber, Jack Ma sebelumnya bertemu dengan President Olympic Council of Asia Sheikh Ahmed Al-Fahad Al Sabah.

Dalam pertemuan itu, Jack Ma berencana menampilkan sebuah pertunjukan untuk menandai kesuksesan gelaran Asian Games 2018.

Akan tetapi, pihak Alibaba sendiri sempat membantah kabar tersebut. Salah satu orang terkaya di Tiongkok itu disebut hanya akan memberikan pernyataan singkat, bukannya sebuah pertunjukan.

Sebelumnya, ada sumber yang menyebut bahwa Jack Ma akan menyanyi di penutupan Asian Games 2018.

Sementara sumber lain menyebut Jack Ma akan terlibat dalam pertunjukan Tai Chi, mengingat dirinya menguasai seni bela diri Tiongkok tersebut.

Terlepas dari kabar tersebut, kehadiran Jack Ma tidak lepas dari penyelenggaran Asian Games 2022 yang dihelat di Hangzhou, Tiongkok. Hangzhou merupakan kampung halaman Jack Ma.

Bos Alibaba itu disebut merupakan sosok penting di balik terpilihnya Tiongkok sebagai penyelenggara ajang olahraga terbesar di Asia itu.

Dalam penutupan Asian Games 2018, walikota Hangzhou Xu Liyi juga hadir untuk menerima bendera Asian Games sebagai persiapan penyelenggaran selanjutnya. (C-003/BBS)***