Kendaraan LCGC Akan Menjadi Primadona

154

Kendaraan yang masuk kedalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) semakin digandrungi dan diprediksi akan menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Hal itu ditandai dengan semakin beragamnya kendaraan LCGC yang hadir dan ditawarkan dengan spesifikasi serta fitur yang cukup menggoda para konsumen. Sepertinya prediksi kendaraan LCGC akan mengalahkan mobil MPV (multi Purpose Vehicle) yang hingga kini msih tetap digarndungi oleh banyak orang. Mobil-mobil LCGC memang terus menjamur. Selain harganya murah, dan juga hemat bahan bakar serta lebih ramah lingkungan.

“Penjualan MPV itu terus mengalami penurunan, baru tahun ini naik karena ada Xpander. Kalau lihat mobil city car LCGC bisa dibilang cukup mengerikan,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

“Dari 0 persen sekarang udah sampai mungkin 27 persen, plus city car mungkin 31 persen jadi hampir sama dengan level mobil LMPV. LMPV 32 persen, jadi sudah menyamai LMPV,” lanjut Jonfis.

Menurut Jonfis kaum keluarga milenial zaman sekarang telah berubah. Kalau dulu mobil dengan kapasitas penumpang banyak menjadi pilihan sekarang tidak lagi. Mobil kecil bakal dominan karena faktor milenial anak muda keluarganya tidak terlalu besar jadi lebih berkembang.

“Itu kan nanti ada transportasi umum yang sekarang dibangun, Anda nggak perlu lagi bawa mobil besar isi tujuh orang hanya untuk naik kereta, tapi mobil kecil masih dimungkinkan, ganjil-genap juga bisa saja membuat LCGC naik daun,” tutup jonfis.

Penjualan LCGC sendiri pada bulan Juli memang mengalami peningkatan. Dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang bulan Juli ada 20.941 unit mobil LCGC terjual. Bulan Juni mobil-mobil murah itu terjual sebanyak 12.225 unit. (E-002/BBS)***