Pencemaran Sampah Ancam Keindahan Gunung Putri

97

Selain minimnya tempat sampah, kurangnya kesadaran para pendaki dan wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, menyebabkan ratusan kilogram sampah mencemari alam gunung putri lembang kabupaten bandung barat. hal itu didapati, saat sejumlah relawan komunitas gerakan bebersih sampah gunung atau geber sangu, membersihkan gunung putri lembang, kabupaten bandung barat.

Ratusan kilogram atau belasan karung sampah dikumpulkan, saat sejumlah relawan dari komunitas gerakan bebersih sampah gunung atau geber sangu beraksi bersih- bersih di gunung putri lembang kabupaten bandung barat. selain minimnya tempat pembuangan sampah, kurangnya kesadaran para pendaki dan wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjadi pencemar keindahan alam di lokasi yang termasuk area perhutani tersebut.

Sampah-sampah yang ditemukan dan dikumpulkan, menyebar di beberapa titik. mayoritas sampah merupakan plastik bekas makanan ringan, botol minuman, dan sampah non organik lainnya.

Seorang relawan, wawan fredy mengungkapkan, aksi ini sebagai bagian dari gerakan melestarikan dan menjaga alam pegunungan, terutama di seluruh bandung raya.

Relawan lainnya, rizky fauziah mengaku antusias saat mengikuti program geber sangu. baginya, kegiatan ini sangatlah positif, guna menjaga lingkungan dan kelestarian alam lembang.

Geber sangu merupakan gerakan serentak membersihkan sampah di sejumlah gunung, yang digelar beberapa komunitas pencinta alam di bandung raya, mulai 1 sampai 3 september 2018. gunung-gunung yang menjadi targetnya, diantaranya manglayang, puntang, kerenceng, dan beberapa lainnya di sekitar bandung raya.

Algi muhammad gifari, bandung tv.