Ribuan Warga Dan Budayawan Gelar Seren Taun

74

Ribuan warga dan budayawan dari kota cimahi dan bandung, menggelar acara adat kabuyutan seren taun dua puluh dua raya agung seribu sembilan ratus lima puluh empat saka, di kota cimahi. acara diawali dengan pawai ribuan orang yang mengarak bebegig, diiringi alunan lagu tradisional kasundaan.

Dengan menggunakan pakaian adat, ribuan warga dan budayawan dari kota cimahi dan bandung menggelar acara adat kabuyutan seren taun 22 raya agung 1954 saka, di kabuyutan cipageran, kabuci, kota cimahi.

Acara diawali dengan pawai berjalan kaki, sambil diringi alunan lagu tradisional kasundaan, yang diarak sejumlah icon budaya bebegig. bahkan, sejumlah kasepuhan dari kabuyutan dan porkompinda kota cimahi, mengunakan singa-singaan dan menaiki kuda. aksi ini menjadi perhatian para pengguna jalan dan masyarakat, yang tidak ingin melewatkan tradisi tahunan ini.

Tradisi seren taun dimaknai sebagai mengingat kembali peristiwa di bulan rayaagung, atau akhir tahun penyerahan kepemimpinan dari baginda nabi muhammad ke baginda ali. salah satunya, warga indonesia harus mencintai ibu pertiwi. selain itu, aksi budaya yang memupuk toleransi dan kebersamaan ini, bisa mengikis radikalisme yang marak.

Menurut pangdam 3 siliwangi, mayjen tni besar harto karyawan, dirinya bangga karena kebudayaan terus dipupuk.

Sementara itu, menurut pupuhu kabuyutan, abah yusuf, dalam tradisi seren taun didatangkan bebegig dari ciamis, yang pada waktu dulu sebagai simbol kaum sulaiman menyambut peristiwa penyerahan kepemimpinan, yang dirayakan seluruh makhluk.

Selain pawai, juga ada atraksi pencak silat tradisional dan penyerahan simbolis pusaka dalam kelapa dari kabuyutan ke porkompinda khususnya pagdam 3 siliwangi, agar senantiasa bisa menjaga amanah rakyat dan sekaligus nkri.

Algi muhammad gifari, bandung tv.