Untuk Tekan Angka Kecelakaan, Teknologi Korea Selatan akan Diadopsi

117

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana  menekan potensi kecelakaan di jalanan wilayah Provinsi Jawa Barat, terutama kawasan yang banyak melewati jurang.

Dalam unggahannya di akun  Instagram Ridwan Kamil,  @ridwankamil, rencana menekan potensi kecelakaan tersebut dengan menggunakan teknologi pagar pembatas jurang bersilinder putar.

“Road Barrier dengan teknologi silinder putar ini secepatnya kita terapkan. Semoga jalanan Jawa Barat lebih aman. Tapi tetep jangan ngebut, lengkapi keamanan mobil, pake seatbelt dll. Ingat keluarga anda setiap hari menunggu anda pulang dengan selamat di rumah. Aamiin,” tulis Ridwan Kamil.

Pagar tersebut diyakini dapat mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotas, sehingga mobil melipir ke samping dan mengurangi potensi kecelakaan yang lebih parah. Ridwan Kamil mengakui teknologi tersebut buatan Korea Selatan.

Para Warganet pun menyambut baik rencana Ridwan Kamil, hal tersebut dapat terlihat dari komentar-komentar positif yang dilontarkan di akun tersebut.

Diambil dari situs ETI, Road Roller System atau Road Barrier ini digadang-gadang bisa menyelamatkan jutaan nyawa di jalan.

Benda yang berfungsi sebagai pembatas jalan ini diproduksi oleh ETI Co Ltd dari Korea Selatan. Semua produk ETI sudah di prakualifikasi oleh otoritas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Korea Selatan dan lulus uji tabrak.

Terbuat dari tabung baja kokoh berukuran tinggi 96 cm dan komponen plastik berwarna oranye yang bisa berputar.

System Roller ini terpasang di tempat rawan kecelakaan, bentuknya memang sama seperti pembatas jalan atau rail guard. Selain lempeng baja, pembatas jalan ini juga dilengkapi roller plastik berwarna kuning yang dipasang menggunakan tiang sumbu pada rail guard.

Masih menurut ETI, dengan cara kerja memutar maka saat kendaraan yang hilang kendali dan menabrak system roller akan langsung diserap dan energi kejut dari laju  kendaraan yang menabrak  dan diubah menjadi energi rotasi. (E-002)***