DIRJEN HUBDAT: “Bus Maut Cikidang 2 Tahun Tidak Uji Kir”

116

Dirjen Perhubungan Darat Meninjau Lokasi Kecelakaan Bus Maut Di Kampung Bantar Selang Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Yang Menewaskan Dua Puluh Satu Wisatawan Asal Bogor. Menurut Dirjen Perhubungan Darat, Bus Tersebut Tidak Layak Jalan Dan Tidak Uji Kir Selama Dua Tahun.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi Meninjau Langsung Tkp Kecelakaan Di Jalan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Budi Menduga, Rem Bus Blong Dan Tidak Layak Jalan. Bahkan, Selama 2 Tahun, Bus Tidak Pernah Uji Kir Atau Uji Berkala. Artinya, Bus Yang Kecelakaan Sudah Empat Kali Tidak Uji Kendaraan, Sehingga Dampak Aspek Keselamatannya Tidak Terjamin.

Dirjen Perhubungan Darat Pun Akan Mengevaluasi Lokasi Tersebut. Kondisi Jalan Cikidang Memang Rawan, Karena Banyaknya Jalan Berbelok, Menurun, Dan Menanjak. Pihaknya Juga Akan Membuat Pagar Pembatas Yang Permanen Di Sekitar Lokasi, Dan Memanggil Seluruh Opertor Transportasi Bus Pariwisata, Agar Tidak Terjadi Kembali Kecelakaan Akibat Human Error Atau Kelalaian Manusia.

Kecelakaan Ini Mengakibatkan 21 Orang Tewas, Dan 17 Lainnya Terluka. Sebelumnya, Bus Tersebut Membawa Wisatawan Dalam Acara Gathering, Ke Tempat Wisata Arung Jeram Di Cikidang Kabupaten Sukabumi.

Budi Setiawan, Bandung Tv.