Sebelum Naikkan PKB Perbaiki Dulu Mental

85

BISNIS BANDUNG- Menyikapi pengajuan  kenaikan pajak kendaraan bermotor (PKB) oleh Badan Pendapatan Daerah  (Bapenda) Provinsi Jawa Barat  dengan pengajuan rancangan peraturan daerah (Raperda), anggota DPRD Jabar Darius Doloksaribu, SH  memberikan persyaratan yang harus dipenuhi.

Bahkan, Darius yang merupakan anggota  dari Fraksi PDI Perjungan itu mengkritik aparatur eksekutif  Pemprov, khususnya  Bapenda Jabar supaya memperbaiki mental terlebih dahulu, sebelum menaikkan  PKB.

Kepada wartawan, Darius Doloksaribu menyebutkan  kenaikan pajak harus diimbangi dengan mutu pelayanan kepada masyarakat, jangan hanya mengejar target pendapatannya.

”Jika sekarang mau menaikkan pajak,  hendaknya mental eksekutif   harus diperbaiki  terlebih dulu. Jangan karena kekurangan duit, rakyat yang  diperas,” ujarnya.

Anggota BP Perda ini juga mengingatkan Bapenda, dalam menaikkan PKB tetap  harus rasional. Artinya perbaiki dulu mekanisme kerjanya,  bukan serta merta naik begitu saja

”Apakah Bapenda dalam meraih PAD itu sudah benar atau belum. Target PAD-nya bagaimana dan  apa alasan Bapenda mau menaikkan pajak 12,5 %, 15 %. Kenapa tidak kinerjanya dulu diperbaiki,” tuturnya.

Hal ini juga terkait dengan pengalaman buruknya dalam urusan membayar pajak kendaraan yang  dialami sehari sebelumnya di drive through samsat Bandung Timur.

Karena BPKB kendaraan atas nama anaknya masih dileasing malah dipersulit oleh drive trough dengan berbagai argumen, padahal sudah ada surat dari leasing.

 ”Mau bayar pajak dipersulit ! Eh .. malah sekarang mau menaikkan pajak, di sinilah mental perlu  diperbaiki,” jelasnya.(B-002)***