Menperin Tinjau Industri Yang Nyaris Gulung Tikar

80

Kenaikan nilai tukar dolar amerika menyebabkan para pengusaha kain dan sarung di kabupaten bandung terancam gulung tikar. menyikapinya, menteri perindustrian airlangga hartarto menyatakan, akan memotong mata rantai pembelian benang. para pelaku usaha kain bisa langsung membeli ke pabrik tanpa melalui agen. namun, kenaikan harga benang tidak bisa dihindari, karena bahan bakunya diimpor.

Menteri perindustrian airlangga hartarto, mengunjungi pertemuan para pengusaha kain kabupaten bandung, di kawasan solokan jeruk, selasa petang. menteri dan para pengusaha kain membahas persoalan terus naiknya harga bahan baku kain yakni benang, imbas dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika.

Selain karena bahan baku benang yaitu kapas yang diimpor, kenaikan harga juga akibat pembelian benang melalui agen. untuk meminimalisasi harga, menteri akan memutus mata rantai ini, dan pengusaha kain bisa langsung membeli benang ke pabrik.

Salah satu pengusaha kain, aep hendar berharap, setelah pertemuan ini harga benang turun. hal tersebut karena, saat ini harga benang mencapai tiga puluh lima ribu perkilogram. jika tidak ada penurunan harga hingga akhir bulan, dipastikan usaha kainnya akan gulung tikar, karena tidak bisa membeli benang yang dirasa mahal.

Saat ini, pengusaha kain di kabupaten bandung masih memproduksi dari persediaan barang yang dibeli dengan harga tiga puluh ribu rupiah perkilogram.

Rezytia prasaja, bandung tv.