Sanksi Buang Limbah, Direktur Pabrik Bersihkan Sungai

84

Sebuah perusahaan kedapatan membuang limbah berbahaya ke aliran sungai cisangkan, di kawasan nanjung, kecamatan leuwigajah kota cimahi. mendapatinya, satgas citarum sektor 21 memberikan sanksi, kepada ratusan karyawan dan direktur perusahaan, berupa kewajiban membersihkan aliran sungai agar kembali seperti sedia kala.

Inilah rekaman video yang diambil petugas, saat mendapati salah satu pabrik di kawasan nanjung, kecamatan leuwigajah kota cimahi, membuang limbah ke aliran sungai cisangkan kota cimahi. limbah yang dibuang ke sungai tersebut, telah mengendap dan menjadi lumpur berwarna kecoklatan.

Mendapati hal itu, rabu siang, satgas citarumĀ  sektor 21, langsung menindak tegas perusahaan tersebut. sebagai sanksi, seluruh karyawan berikut direktur perusahaan diwajibkan turun ke sungai, untuk membersihkan aliran sungai cisangkan, yang telah berubah warna menjadi hitam pekat.

Menurut komandan sektor 21 citarum, kolonel infantri yusep sudrajat, limbah perusahaan yang dibuang ke aliran sungai cisangkan, telah menyalahi aturan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. limbah tersebut seharusnya dibuang ke tempat yang telah berizin kementerian.

Berdasarkan data satgas citarum sektor 21, 40 dari 270 pabrik di kota cimahi, telah ditutup akibat membuang limbah berbahaya secara sembarangan ke aliran sungai.

Algi muhammad gifari, bandung tv.