Facebook Siap Rilis Speaker Pintar Pekan Depan?

94

LANGKAH Facebook untuk merilis perangkat keras ternyata masih akan berlanjut. Hal itu diketahui dari laporan Cheddar yang menyebut raksasa media sosial tersebut akan mengungkap perangkat ini pekan depan.

Dikutip BB dari Phone Arena, Minggu (23/9/2018), perangkat yang dimaksud adalah speaker pintar yang dapat mendukung video chat. Dari laporan yang ada, perangkat ini bernama Portal.

Secara garis besar, perangkat ini akan memiliki fungsi yang sama dengan Amazon Echo Show. Jadi, Facebook mendesain perangkat ini untuk melakukan sejumlah hal dengan perintah suara.

Kamera perangkat ini akan didukung dengan kecerdasan buatan. Berbekal kemampuan tersebut, perangkat ini dapat mengenal sosok yang berada dalam jangkauan kameranya.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki fitur penutup lensa fisik. Dengan begini, kamera Portal tidak dapat menangkap gambar pengguna tanpa izin terlebih dulu.

Selain dukungan video chat, perangkat ini akan dibekali dengan asisten virtual Alexa dari Amazon. Nantinya, Alexa dapat membantu pengguna untuk memutar musik hingga menampilkan resep makanan.

Jika kabar ini benar, Portal akan menjadi perangkat keras pertama yang mengusung nama Facebook. Alasannya, saat merilis Rift, Facebook sebenarnya menggunakan nama Oculus yang merupakan anak perusahaannya.

Kabar mengenai rencana Facebook yang siap meluncurkan speaker pintar memang sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Namun, rencana itu disebut-sebut mundur karena ada skandal Cambridge Analytica.

Dikutip dari BGR, raksasa media sosial itu akan meluncurkan dua model sekaligus. Perangkat ini juga disebut akan berbeda dari speaker kebanyakan karena dibekali layar.

Memiliki kode nama Aloha dan Fiona, kedua speaker akan hadir dengan layar sentuh berukuran 15 inci. Layar sentuh ini hadir karena speaker tersebut bakal mendukung sejumlah layanan Facebook, termasuk media sosial dan video chat.

Laporan menyebut Aloha akan menjadi perangkat yang lebih mumpuni. Tak hanya dibekali kemampuan pengenalan suara, speaker ini juga memiliki kemampuan pengenalan wajah.

Facebook disebut juga telah menyematkan lensa wide-angle di bagian depan untuk mengenali pengguna.

Perangkat yang akan dijual dengan nama Facebook Portal ini juga dibekali konten musik, mengingat perusahaan itu telah menjalin kerja sama dengan Sony dan Universal Music.

Awalnya, Facebook berencana untuk merilis kedua produk tersebut pada Mei 2018, tetapi terpaksa diundur karena diperlukan penyempurnaan dari sisi software dan kualitas akustik.

Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook.

Sekadar informasi, kabar mengenai speaker pintar Facebook sebenarnya sudah terdengar sejak pertengahan 2017.

Hingga menjelang peluncurannya yang disebut akan dilakukan tahun ini, tak ada perubahan informasi terkait spesifikasi dari speaker ini.

Speaker ini diproduksi oleh salah satu pabrikan iPhone asal Tiongkok, Pegatron. Perangkat ini dilengkapi layar sentuh buatan LG, dan didesain oleh Building 8, sebuah laboratorium rahasia perangkat keras Facebook.

Sayangnya, hingga kini belum dapat dipastikan seperti apa rencana Facebook terhadap perangkat ini. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu memang mulai merambah pengembangan perangkat keras (hardware).

(C-003/Ysl)***