Dinkes KBB Gelar Komitmen Bersama Kampanye Penerapan Kawasan Bebas Rokok

45

Dinas kesehatan kabupaten bandung barat, bersama sejumlah perwakilan lintas sektoral, lintas jaringan termasuk perwakilan skpd yang ada di kabupaten bandung barat, menggelar komitmen bersama kampanye penerapan kawasan tanpa rokok, di delapan kawasan yang ada di kabupaten bandung barat, kamis siang. kegiatan ini digelar guna menciptakan lingkungan dan masyarakat di bandung barat yang sehat.

Kamis siang bertempat di cimareme, kabupaten bandung barat, dinas kesehatan sebagai inisiasi kegiatan ini, bersama sejumlah pihak terkait yang mewakili, skpd, kecematan, puskesmas, rumah sakit, institusi pendidikan dan lintas sektor lainnya yang ada di kabupaten bandung barat. melakukan komitmen bersama kampanye penerapan kawasan tanpa rokok  dilingkungan atau kawasan yang menjadi kewenangan masing-masing. dimana komitmen ini merupakan  bentuk penerapan peraturan daerah, nomor 4 tahun 2016 tentang , kawasan tanpa rokok, di sejumlah kawasan di bandung barat. dan disejumlah tempat yang telah ditetapkan sebagai kawasan bebas rokok pun akan tepampang stiker kawasan bebas rokok.

Adapun 8 tempat yang menjadi titik fokus penerapan perda kawasan tanpa rokok, yang diantaranya, fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses  belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah,  angkutan umum , tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya yang ditetapkan oleh bupati. plt sekda kbb wahyu diguna, yang hadir mewakili bupati bandung barat, mengungkapkan, jika kampanye ini merupakan sebuah langkah atau tuntutan untuk menjadi masyarkat yang sehat bebas dari asap rokok. dimana nantinya untuk para perokok aktif di tempat umum akan disediakan area khusus untuk merokok. dan kampanye ini merupakan sebagai salah satu upaya dinkes kbb untuk menyampaikan sosialisasi ini, yang diharapkan semua pihak dapat ikut berpartisipasi, guna menciptakan bandung barat yang sehat.

Selain komitmen bersama dengan menandatangani point point yang telah tertuang dalam komitmen bersama oleh sejumlah perwakilan tempat yang disaksikan plt sekda kbb. dalam kegiatan ini pun, senam germas atau gerakan masyarakat sehat pun dilakukan secara bersama-sama. sedangkan, bagi masyarakat yang melanggar perda ini, nantinya, akan mendapatkan sangki administratif, namun sebelum terkena sanksi administratif, pihak yang bertanggung jawab pada area tertentu akan memberikan peringatan terlebih dahulu, seperti menegur, baik untuk pengguna, penjual, pengiklan maupun yang hendak mempromosikan produk tembakau, di kantor yang menjadi wilayah kerjanya.

 

Algi muhamad gifari, bandung tv.