Menikmati Surabi Hijau Karawang Dijajakan di Kawasan Pemakaman

66

Setiap daerah memiliki ciri khas dalam mengembangkan potensi budaya,wisata atau perekonomian, termasuk kuliner . Dalam kunjungan Mandalawangi ke Kabupaten Karawang yang terkenal sebagai lumbung padi , ternyata memiliki kuliner khas , yakni surabi hijau .  Surabi merupakan makanan yang banyak dijajakan di daerah Jawa Barat pada pagi dan malam hari dengan berbagai citarasa

            Di Rengasdengklok Karawang , terdapat  penjual surabi hijau yang cukup dikenal, yakni Maat Kasim yang cukup lama menjadi penjual surabi. Awalnya surabi buatan Maat Kasim mendapat julukan surabi kuntilanak karena tempat berjualannya terletak persis di depan  pemakaman . Surabi hijau Maat Kasim dibuat dalam berbagai citrasa yang mengugah selera, seperti rasa original yang ditambah cairan air gula aren dan rasa duren. Harganya antara Rp 15.000 sampai  Rp 20.000.

            Bahan  baku surabi hijau terdiri , tepung terigu, tepung beras, santan, garam dapur, telur, baking powder (ragi) serta daun pandan untuk pewarna hijau surabi. Sebagai pemanis rasa berupa gula cair dibuat terdiri dari campuran gula merah, gula putih, santan. Sedangkan untuk gula rasa duren diberi tambahan sari buah durian.

Cara Membuat Kue Surabi :

  1. Campurkan bahan biang menjadi satu, diamkan selama 20 menit.
  2. Lalu aduk tepung beras, tepung terigu, garam, biang serta baking powder.
  3. Uleni sampai adonan menjadi kalis atau tercampur rata.
  4. Tuangkan sebagian santan sambil terus menepuk adonan.

Cara membuat saus

  1. Campurkan bahan santan jadi satu, rebus dengan api kecil sampai mendidih, angkat kemudian saring.
  2. Adonan ditepuk sampai menjadi ringan.
  3. Tuangkan sisa santan. Lalu tuangkan kocokan telur dan daun suji.
  4. Diamkan selama 1 jam.
  5. Gunakan api kecil untuk membuat surabi
  6. Panaskan cetakan untuk pembuat surabi, kemudian oleskan sedikit minyak, ambil satu sendok sayur adonan surabi lalu tuangkan diatas cetakan yang panas.
  7. Tunggu sampai permukaan surabi berpori kemudian ditutup.
  8. Panggang surabi sampai matang.
  9. Angkat dengan mencungkil surabi dari cetakan .
  10. Siap dihidangkan, hidangkan dengan saus.

Bila  berkunjung ke Karawang dan ingin mencicipi surabi hijau Maat Kasim, bisa ditemukan di kawasan Jl. Kalijaya Rengasdengklok atau Jl.Tugu Proklamasi Kemerdekaan. (E-001) ***